• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kesehatan Bumbu Ngohiong Yang Perlu Kamu Ketahui



Bumbu Ngohiong
Bumbu Ngohiong atau Chinese 5 Spices ternyata bumbu ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan

Setiap daerah atau negara memiliki ciri khas makanan. Biasanya paduan penggunaan rempah yang digunakan memberikan karakter dan ciri khas tertentu. Selain digunakan untuk meningkat aroma dan rasa pada makanan, penggunaan rempah-rempah pada makanan juga digunakan sebagai obat tradisional.


China adalah salah satu negara yang memanfaatkan rempah-rempah sebagai salah satu pengobatan tradisional sejak dahulu kala. Salah satu bumbu pada kuliner yang terkenal dari Negara Tirai Bambu ini adalah bumbu Ngohiong atau dikenal dengan Chinese 5 Spices dalam bahasa yang Inggris atau bumbu 5 rempah. Bumbu 5 rempah ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk yang terbuat dari paduan 5 rempah seperti pekak, kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, lada. Beda daerah bisanya berbeda bahan, masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Namun secara umum paduan ke-5 rempah ini selain digunakan sebagai bumbu untuk olahan masakan juga ternyata mengandung khasiat bagi kesehatan. Berikut manfaat bumbu ngohiong bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui seperti dilansir dari berbagai sumber.


Menurunkan tekanan darah

Bumbu 5 rempah atau ngohiong umumnya sangat baik untuk mengatur tingkat tekanan darah. Terutama karena kandungan biji adas dan kayu manis yang mampu mencegah penggumpalan darah dan melancarkan peredaran darah di dalam pembuluh darah. Sirkulasi yang tepat akan menjaga tekanan darah tetap terkendali. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang dibumbui dengan bumbu kaya rempah ini mampu mencegah hipertensi.


Menurunkan kolesterol

Serat makanan sangat ampuh untuk membantu mengontrol kadar kolesterol. Tidak hanya dari berasal dari smoothies buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan, serat makanan juga bisa didapatkan dari bumbu 5 rempah ini. Bagaimana bumbu ini bisa memberi serat? Ternyata, serat tidak hanya terdapat pada sayuran berdaun atau buah berdaging. Rempah-rempah Asia ini juga sangat baik untuk membentu memberikan kebutuhan serat dan mengurangi kadar kolesterol jahat.


Meningkatkan kesehatan jantung

Kemampuan rempah-rempah Cina ini dalam menurunkan tekanan darah tinggi ditambah dengan manfaat kesehatan rempah-rempah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat juga dapat mampu meningkatkan kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui, hipertensi dan kadar kolesterol jahat yang tinggi sangat terkait dengan kesehatan jantung.


Mengontrol gula darah

Kayu manis dalam rempah ini mampu mengendalikan kadar gula darah. Manfaat kesehatan ini terutama disumbangkan juga oleh kandungan cengkeh yang ampuh untuk mengatur gula darah. Seperti yang kita ketahui, dari cengkeh kita bisa mendapatkan Manfaat Cengkih untuk Diabetes.


Menyeimbangkan hormon pada wanita

Beberapa mungkin sudah familiar dengan Manfaat Kesehatan Kayu Manis dan Teh Jahe untuk wanita. Tidak hanya teh, bubuk kayu manis dalam bumbu rempah ini juga berperan besar dalam menyeimbangkan hormon pada wanita. Oleh karena itu, menjaga konsumsi kayu manis dengan menggunakan rempah-rempah dalam bumbu 5 rempah ini mampu mengatasi masalah terkait hormon, seperti sindrom pramenstruasi. Selama periode pra-menstruasi, adalah umum bagi wanita untuk mengalami perubahan suasana hati, kelelahan, dan sakit.


Meningkatkan pencernaan

Sama seperti Manfaat Kesehatan Lada, bubuk lada Sichuan dalam bumbu rempah ini juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Dimana dapat menghasilkan enzim pencernaan yang baik sehingga mampu mengoptimalkan proses pencernaan yang selanjutnya dapat membantu menghindari masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Paduan kelima rempah dalam bumbu ngohiong kaya dengan antioksidan yang dapat bertindak sebagai penambah kekebalan karena rempah-rempah mengandung sifat anti-inflamasi, anti-jamur, dan anti-infeksi.


Mengurangi sakit gigi

Kita tahu kemampuan ampuh minyak esensial cengkeh untuk perawatan gigi. Nah, kandungan cengkeh dalam bumbu ini memang terbukti ampuh untuk meredakan sakit gigi. Oleh karena itu orang biasa menggunakannya minyak cengkeh untuk meredakan sakit gigi, kalau sedang tak punya minyak cengkah bisa gunakan bumbu ngohiong yang ada di dapur untuk meredakan nyeri sakit gigi.