• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kesehatan Kaldu Tulang


Kaldu tulang
Kaldu tulang punya banyak manfaat bagi kesehatan

Kuah kaldu merupakan salah satu bahan makanan serbaguna yang banyak digunakan. Kuah kaldu biasanya sebagai bahan dasar untuk membuat aneka olahan makanan mulai dari sup, tumisan hingga saus. Tak hanya mampu meningkatkan citarasa masakan, kuah kaldu juga mengandung nutrisi. Kuah kaldu bisa dibuat dari merebus tulang sapi, tulang ayam, hingga ikan untuk mendapatkan kuah kaldu yang diinginkan. Cara membuatnya memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena untuk mendapatkan ekstrak dari tulang saat direbus. Semakin lama waktu untuk merebus tulang, nutrisi penting yang didapatkan di dalam tulang akan semakin banyak. Nutrisi penting antara lain adalah kolagen, gelatin, asam hialuronat, kondroitin, glikans glikosamino, prolin, glisin, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium.


1. Lindungi Usus

Usus adalah organ yang sangat penting dalam sistem pencernaan karena nutrisi yang kita butuhkan semua diproses di dalam usus. Sehingga permasalahan di dalam usus sedikit banyak berpengaruh pada proses pengolahan makanan di dalamnya. Imunitas tubuh bisa menutun jika kita tidak mendapatkan nutrisi yang cukup karena kondisi usus yang bermasalah. Kaldu tulang mengandung gelatin, yang bertanggung jawab untuk menjaga usus, membuatnya bekerja lebih baik termasuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Kaldu tulang adalah pilihan yang baik untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menenangkan perut.


2. Mencegah Arthritis

Tulang mengandung kolagen di dalamnya dan jika dimasak akan menghasilkan gelatin yang mengandung asam amino. Asam amino dapat membantu melindungi sendi. Kaldu tulang juga menjadi asupan yang baik untuk mereka penderita radang sendi dan penyakit persendian lainnya.


3. Mencegah Penuaan Dini

Kaldu tulang kaya akan kandungan kolagen yang sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Protein ini membuat kulit lebih kuat, melindungi dari penuaan dan kerutan. Kedua adalah glisin. Glisin tidak secara langsung melindungi kulit dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Dan racun adalah salah satu penyebab penuaan sel. Kaldu tulang juga mengandung mineral yang dapat melindungi kulit kita dari penuaan.


4. Membantu Tidur Lebih Baik

Tidur berkualitas dan nyenyak sangat dibutuhkan semua orang. Tapi, terkadang kita tidak bisa tidur nyenyak atau bahkan susah untuk bisa tidur sama sekali. Konsumsi kaldu tulang bisa menjadi salah satu pilihan sehat dibandingkan menggunakan obat-obatan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gelatin sebelum tidur dapat membantu tidur lebih cepat dan lebih dalam karena kandungan asam amino glisin yang terdapat di dalam kaldu tulang. Selain itu, glisin dapat meningkatkan daya ingat kita.


5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan melindungi tubuh dari virus atau sumber lain yang dapat mempengaruhi kesehatan. Setiap orang memiliki tingkat daya tahan tubuh yang berbeda, maka dari itu setiap orang harus menjaga daya tahan tubuhnya secara berbeda salah satunya dengan menambah asupan makanan dengan kaldu tulang.


6. Menambah Daya Tahan Tubuh

Terkadang, sistem kekebalan tubuh kita bisa berada pada level yang rendah. Ketika kondisi itu terjadi, virus dan sumber lain dapat menyerang dengan lebih mudah. Seperti halnya antivirus di komputer, kita perlu “upgrade” agar sistem imun bisa bekerja dengan baik.


7. Meningkatkan Energi

Kaldu tulang mengandung konsentrasi mineral yang tinggi di dalamnya, kaldu tulang menjadi salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Mark Sisson, penulis The Primal Blueprint, mengatakan jika kaldu tulang adalah “makanan super”. Dan juga penelitian di Harvard menunjukkan bahwa orang dengan gangguan auto-imun merasa lebih baik setelah mengkonsumsi kaldu tulang.


8. Membuat Tulang Lebih Kuat

Kaldu tulang karena kaldu tulang mengandung fosfor, magnesium, dan kalsium yang dapat membuat tulang kita tumbuh lebih kuat. Mineral-mineral tersebut akan membantu tulang untuk melakukan proses penyembuhan.