• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Yogurt Secara Rutin



Yogurt sudah sejak lama menjadi salah satu makanan yang menyehatkan, meski tidak diketahui asal mula yogurt berasal namun berdasarkan catatan sejarah yogurt ditemukan dalam manuskrip di Mesopotamia sejak 5000 SM. Sejarah kuno India mencatat paduan yogurt dan madu disebut sebagai makanan dewa-dewa. Yogurt juga dipercaya sebagai salah satu makanan yang membuat panjang umur di Persia.


Menurut Dr.Matthew Lantz Blaylock,PhD seorang ilmuwan dan nutrisionis, yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi. Untuk bisa disebut dengan yogurt setidaknya ada dua jenis bakteri yang harus dikandung dalam sebuah yogurt, antara lain adalah harus mengandung bakteri baik Streptococcus Thermopilles yang memberikan tekstur pada yogurt dan bakteri Lactobacillus Bulgaricus yang memberikan citarasa asam pada yogurt. Yogurt juga mengandung kultur bakteri hidup dan prebiotik. Menurut Matthew, saat ini sudah banyak penelitian ilmiah yang menyebutkan segudang manfaat dari yogurt bagi tubuh. Apa saja manfaat yogurt, berikut 8 manfaat kesehatan dengan mengonsumsi yogurt secara rutin.


Membantu Pencernaan Lebih Lancar

Yogurt memiliki kemampuan untuk membantu memperlancar pencernaan karena mengandung bakteri baik yang mampu bekerja melawan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Yogurt juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati diare, karena bakteri baik dalam yogurt membantu melawan bakteri jahat di dalam pencernaan dengan menyeimbangkan jumlahnya.


Menguatkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Konsumsi yogurt dengan buah-buahan sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt merupakan sumber vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan menjadi pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.


Konsumsi Yogurt Bisa Menurunkan Berat Badan

Dengan rutin mengonsusmi yogurt mampu membantu untuk menurunkan berat badan. Karena konsumsi yogurt mampu membantu untuk kenyang lebih lama karena yogurt mengandung protein. Konsumsi yogurt bisa menjadi kudapan sehat untuk mereka yang tengah diet.


Mencegah Osteoporosis

Yogurt memiliki kandungan baik dari susu yaitu mengandung kalium dan fosfor yang tinggi, dimana keduanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan dan memperkuat tulang dalam mencegah osteoporosis.


Menurunkan Risiko Diabetes Melitus Tipe 2

Konsumsi yogurt secara rutin juga mampu menurunkan risiko Diabetes Melitus Tipe 2. Dua kultur bakteri baik yang terkandung dalam yogurt membantu seseorang mencerna hingga memberikan enzim dan bekerja dalam sistem pencernaan secara optimal. Saat pencernaan berfungsi dengan baik inilah mampu mengontrol kadar gula dalam darah.


Menurunkan Tensi Darah

Selain mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang, yogurt juga mengandung kalium. Dimana kalium ini mampu menurunkan kadar natrium yang berperan pada tekanan darah yang berhubungan dengan serangan jantung dan stroke.


Yogurt Membantu Mengatasi Lactose Intolerance

Yogurt bisa menjadi pilihan untuk mereka yang mengalami Lactose Intolerance, keadaan dimana seseorang tidak mampu mencerna laktosa, yaitu jenis gula yang ada pada susu atau produk susu. Saat masuk ke tubuh, enzim laktase seharusnya memecah laktase menjadi gula sederhana ini. Disinilah bakteri baik yang terkandung dalam yogurt membantu mencerna laktosa.


Mencegah Kanker

Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt terbukti mampu menetralisir toksin dan mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 25%.