• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kol Ungu Bagi Kesehatan


kol ungu
kol ungu yang kaya nutrisi

Kol ungu, sayur yang termasuk dalam genus tanaman Brassica ini merupakan sayuran dalam kelompok sayuran yang kaya nutrisi. Kelompok sayur ini termasuk seperti brokoli, Brussel sprout, dan kale. Rasa kol ungu hampir mirip ini dengan kol biasa, namun, varietas ungu lebih kaya akan senyawa tanaman bermanfaat yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan seperti untuk tulang yang lebih kuat dan jantung yang lebih sehat. Kol ungu juga dipercaya dapat menurunkan peradangan dan melindungi dari jenis kanker tertentu. Selain itu, kol ungu adalah salah satu sayuran yang serbaguna dan dapat dinikmati mentah, dimasak, atau difermentasi maupun ditambahkan ke berbagai hidangan. Berikut adalah 8 manfaat kesehatan yang mengesankan dari kol ungu ungu, semuanya didukung oleh sains.


Kaya akan nutrisi

Kubis ungu rendah kalori namun merupakan sumber serat dan vitamin A, C, K, dan B6 yang baik. Ini juga mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya.


Kaya Antioksidan

Kubis ungu adalah sumber antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya yang membantu melindungi dari kerusakan sel. Kubis ungu adalah sumber senyawa tanaman yang bermanfaat dan menawarkan salah satu antioksidan yang meningkatkan kesehatan dalam jumlah tertinggi per unit biaya.


Melawan Inflamasi

Kol ungu dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi gejala yang menyertainya, seperti nyeri, bengkak, dan ketidaknyamanan. Ini karena kandungan sulforaphane, senyawa belerang bermanfaat yang ditemukan di banyak sayuran cruciferous yang memiliki efek anti-peradangannya


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kol ungu kaya akan anthocyanin, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.


Menguatkan Tulang

Kol ungu kaya akan vitamin C dan K1, keduanya penting untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat dan sehat. Kubis ungu juga mengandung sejumlah kecil nutrisi yang bermanfaat bagi tulang, seperti kalsium, mangan, dan zat besi.


Melindungi Dari Jenis Kanker Tertentu

Kol ungu mengandung senyawa bermanfaat, seperti sulforaphane dan anthocyanin, yang dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek ini.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kol ungu dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi peradangan, mencegah lesi usus, dan mengobati bisul. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek ini.

Serbaguna dan Mudah Ditambahkan Dalam Diet Sehari-hari Kol ungu adalah tambahan sederhana dan lezat untuk banyak hidangan. Selain bisa dikonsumi langsung atau mentah, dimasak, atau difermentasi, yang menambah keserbagunaannya.