© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

8 Manfaat Mengejutkan dari Kimchi


Kimchi, salah satu kekayaan kuliner dari Korea ini begitu populer. Jika ditilik dari sejarah sebagai negara dengan musim dingin, adalah tidak mungkin untuk menanam sayuran segar sepanjang tahun. Oleh karena itu, orang mengembangkan metode pengawetan makanan salah satunya dengan fermentasi. Dimana suatu proses yang menggunakan enzim untuk membuat perubahan kimia pada makanan agar lebih awet.


Kimchi adalah hidangan tradisional Korea, dibuat dengan sayuran sawi putih yang difermentasi dengan bumbu seperti gula, garam, bawang bombay, bawang putih, jahe, dan cabai. Selain sawi bisa juga diaplikasikan pada sayuran lain seperti lobak, seledri, wortel, mentimun, terong, bayam, daun bawang, bit, dan rebung. Meskipun biasanya sayuran ini difermentasi selama beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum disajikan, tetapi sayuran ini bisa juga dimakan segar setelah diberi bumbu dan segera di konsumsi tanpa perlu difermentasi. Tak hanya enak dengan citarasa asam yang segar, kimchi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Inilah 9 manfaat unik kimchi yang mengejutkan.


Kaya Nutrisi

Kimchi kaya nutrisi namun rendah kalori. Sawi putih sebagai salah satu bahan utama kimchi dimana vitamin A dan C, setidaknya 10 mineral berbeda, dan lebih dari 34 asam amino.


Mengandung Probiotik

Proses fermentasi pada kimchi membuatnya sangat unik. Makanan fermentasi tidak hanya memiliki umur simpan yang panjang tetapi juga meningkatkan rasa dan aroma.


Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Bakteri Lactobacillus dalam kimchi dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.


Mengurangi Inflamasi

Probiotik dan senyawa aktif dalam kimchi dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu melawan peradangan. HDMPPA, senyawa aktif dalam kimchi, dapat memainkan peran besar dalam mengurangi peradangan.


Memperlambat Proses Penuaan

Peradangan kronis tidak hanya terkait dengan banyak penyakit, tetapi juga mempercepat proses penuaan. Namun, kimchi mungkin memperpanjang usia sel dengan memperlambat proses ini.


Mencegah Infeksi Jamur

Probiotik dan bakteri baik pada kimchi dapat membantu mencegah infeksi jamur. Infeksi jamur vagina terjadi ketika jamur Candida, yang biasanya tidak berbahaya, berkembang biak dengan cepat di dalam vagina. Lebih dari 1,4 juta wanita di Amerika Serikat dirawat untuk kondisi ini setiap tahunnya. Karena jamur ini mungkin mengembangkan resistensi terhadap antibiotik, banyak peneliti mencari alternatif dengan  perawatan alami.


Membantu Penurunan Berat Badan

Kimchi segar dan fermentasi keduanya rendah kalori dan dapat meningkatkan berat badan. Sebuah studi 4 minggu dilakukan pada 22 orang dengan kelebihan berat badan dan ditemukan bahwa makan kimchi segar atau yang sudah difermentasi membantu mengurangi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan lemak tubuh. Selain itu, varietas fermentasi mampu menurunkan kadar gula darah.


Menjaga Kesehatan Jantung

Kimchi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, menekan pertumbuhan lemak, dan menurunkan kadar kolesterol.