© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

8 Manfaat Mengonsumsi Minyak Zaitun Cold Pressed



Cold Pressedadalah cara yang umum untuk membuat minyak zaitunberkualitas. Dimana proses ini tanpa menggunakan panas atau bahan kimia sama sekali. Proses ini dimulai dari biji-biji zaitun yang sudah dipanen kemudian dihancurkan menjadi pasta, kemudian dimasukkan ke dalam mesin press untuk memisahkan minyak dan ampasnya. Menurut standar makanan yang diterapkan di Eropa, proses cold pressed suhunya tidak boleh melebihi 27 ° C.


Dengan proses cold pressed ini dapat membantu terjaganya nutrisi yang dihasilkan dari minyak zaitun. Karena nutrisi dan senyawa yang bermanfaat dapat terurai di bawah panas tinggi. Jadi mulai sekarang jika akan membeli minyak zaitun pastikan label dalam kemasan tertera informasi mengenai proses produksi secara cold pressed. Minyak zaitun berkualitas tinggi seperti extra virgin dan virgin selalu yang diproduksi menggunakan teknik cold pressed. Berikut 8 manfaat dan kegunaan minyak zaitun cold pressed.


1. Kaya Nutrisi

Minyak zaitun yang diproses melalui cold pressed kaya akan lemak sehat, puluhan senyawa tanaman yang kuat yang dibutuhkan tubuh, dan vitamin E dan K. Vitamin E adalah antioksidan tinggi yang berpengaruh dalam fungsi kekebalan tubuh, sementara vitamin K memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang.


2. Mengandung Lemak Sehat

Minyak zaitun cold pressed mengandung lemak sehat seperti asam oleat, lemak yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu juga mengandung lemak omega-6 dan omega-3, yang penting untuk kesehatan tubuh.


3. Tinggi Kandungan Antioksidan

Minyak zaitun cold pressed mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.


4. Dapat Melawan Peradangan

Karena konsentrasi tinggi lemak yang sehat, antioksidan, dan senyawa tanaman yang bermanfaat, minyak zaitun cold pressed dapat membantu mengurangi peradangan.


5. Dapat Melindungi dari Penyakit Jantung

Mengganti sumber lemak jenuh dengan minyak zaitun cold pressed dapat mengurangi risiko penyakit jantung.


6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Diet tinggi minyak zaitun dapat membantu mencegah penurunan mental yang terkait dengan penuaan, serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer.


7. Bermanfaat Untuk Rambut, Kulit, dan Kuku

Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan kuku. Minyak zaitun dapat menjadi pelembab yang efektif untuk rambut, kulit, dan kuku, dan ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan ini.

Perawatan Rambut

Gunakan 1–2 sendok makan (15–30 ml) minyak zaitun untuk mengatasi ujung rambut bercabang atau pijat dengan lembut ke kulit kepala untuk mengurangi kulit kepala yang kering. Setelah itu, keramas dan bilas sampai bersih.

Pelembab

Untuk melembabkan kulit, oleskan minyak zaitun setelah mandi atau campurkan dengan lotion yang biasa digunakan.

Kondisioner Kutikula.

Gunakan minyak zaitun ke setiap ujung jari untuk mengobati kutikula yang pecah-pecah atau kering.


8. Mudah Ditambahkan ke Dalam Diet

Minyak zaitun cold press adalah sumber lemak yang menyehatkan jantung. Tambahkan pada konsumsi harian seperti untuk dressing, saus, dan maupun cocolan roti. Saus pesto dengan minyak zaitun cold pressed bisa jadi pilihan yang lebih sehat.