• Novi Amaliyah

8 Inspirasi Camilan Sehat Untuk Si Kecil di Hari Anak Nasional


Setiap tanggal 23 Juli di Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Ditengah pandemi dan PPKM tentu tak banyak perayaan yang bisa dilakukan. Namun tanpa mengurangi kebahagian untuk memperingatinya, ibu bisa menciptakan kegiatan menyenangkan dan bermain di rumah. Misalnya dengan membuat camilan sehat bersama di dapur, anak-anak pasti menginginkan camilan dengan tampilan yang menyenangkan juga rasanya yang enak dan tetap sehat. Berikut 8 inspirasi kreasi camilan untuk anak yang sehat, beberapa menu juga cukup mudah untuk dibuat sendiri oleh anak-anak. Selamat mencoba.

Ubi manis panggang
Ubi Manis Panggang

Ubi Manis Panggang

Dibanding menggunakan kentang, coba buat fries dengan ubi manis yang lebih bernutrisi. Kamu juga bisa memanggang dibanding menggorengnya agar lebih sehat dan rendah lemak. Agar lebih nikmat, tambahkan bumbu tabur atau parutan keju.


Es krim pisang
Es Krim Pisang

Es Krim Pisang

Coba buat es krim dari pisang beku, kamu tidak perlu menambahkan gula tambahan karena sudah cukup manis. Bekukan pisang cavendish yang matang kemudian proses menggunakan food processor atau blender tanpa air tambahan.


Smoothie mixed berries
Mixed Berries Smoothie

Mixed Berries Smoothie

Smoothie adalah cara yang ampuh untuk memudahkan anak-anak mengonsumsi buah yang kaya nutrisi. Libatkan anak-anak saat membuatnya agar lebih menyenangkan untuk mereka. Blender campuran aneka buah berry seperti blueberry, raspberry dan raspberry, tambahkan plain yogurt dan sedikit madu. Bisa juga menambahkan pisang untuk memberikan citarasa yang creamy.


Pisang Gulung Isi Selai Kacang

Pisang gulung isi selai kacang gurih
Pisang Gulung Isi Selai Kacang

Cukup membutuhkan 5 bahan untuk membuat Pisang Gulung Isi Selai Kacang. Gunakan kulit tortilla kemudian isi dengan pisang tanduk, pisang raja atau barangan yang sudah matang, tambahkan selai kacang, kemudian gulung. Panggang menggunakan wajan anti lengket, terakhir beri taburan brown sugar. Sajikan untuk sarapan atau camilan di sore hari.




Telur Rebus Topping Mayo
Classic Deviled Eggs

Classic Deviled Eggs

Classic Deviled Egg adalah salah satu hidangan pembuka yang jadi camilan populer. Selain praktis, camilan kaya protein ini juga mudah dibuat dan nikmat. Kamu cukup merebus telur hungga matang, kemudian potong menjadi dua bagian dan sajikan dengan mayones, garam, mustard bisa juga tambahkan keju. Sesuaikan dengan selara anak.



Quiche Telur Isi Jamur dan Bayam

Quiche Telur Isi Jamur dan Bayam
Quiche Telur Isi Jamur dan Bayam

Quiche ini hanya terbuat dari telur, keju, bawang bombai, bayam dan jamur, bisa juga ditambahkan potongan daging ayam. Setelah isi sayuran dan jamur ditumis, masukkan ke dalam loyang muffin kemudian tuang telur kocok ke dalamnya. Panggang sebentar hingga matang.




Sandwhich Panggang Keju

sanwich panggang keju
Sandwich Panggang Keju

Kamu cukup membutuhkan tiga bahan untuk membuat sandich ini. Roti tawar, keju Amerika dan butter untuk menciptakan sandwich keju sederhana nan lezat. Bukan hanya untuk si kecil, camilan ini juga bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.


Sandwich Tuna dan Telur

Sandwich tuna
Sandwich Tuna

Resep sandwich salad tuna dan telur yang lembut ini cukup mudah untuk dibuat. Selain bisa jadi camilan, sajian satu ini juga bisa dijadikan menu sarapan. Untuk menambah nutrisi tambahkan sayuran seperti selada, irisan mentimun.