• Novi Amaliyah

9 Kegunaan Peach Gum Untuk Kesehatan


Peach Gum
Peach Gum

Peach Gum, beberapa waktu belakangan dessert dingin satu ini cukup populer. Peach Gum disebut juga dengan tao jiao berasal dari resin atau getah pohon persik liar di China. Warnanya kuning bening keemasan yang dijual dalam bentuk kering seperti bongkahan kristal. Sebelum memasaknya, peach gum harus direndam terlebih dahulu selama 10 - 12 jam agar lunak dan dibuat sebagai dessert dengan berbagai paduan.


Peach Gum dessert ini biasanya berisi peach gum (tao jiao), jamur putih salju atau jamur kuping putih, kurma merah, goji beri, biji jali, longan kering, manisan labu bligo kering, biji lotus, biji selasih dan gula batu sebagai pemanis. Beberapa juga menggunakan sarang burung walet. Tak heran selain sebagai dessert dingin yang nikmat, peach gum dessert juga menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan. Di Tiongkok, selain diolah untuk sajian dessert, peach gum juga diolah menjadi paduan sup beraroma untuk kesehatan yang penuh nutrisi. Berikut 9 kegunaan peach gum untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya.


Menjaga Kulit Tetap Muda dan Cantik

Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kelenturan dan kilaunya. Itu karena produksi protein paling melimpah di tubuh, kolagen, semakin berkurang. Cara terbaik untuk meningkatkan adalah melalui asupan kolagen. Peach gum adalah salah satu sumber makanan kulit alami yang baik karena sangat serbaguna dan juga sangat praktis untuk penggunaan jangka panjang. Dengan hanya mengonsumsi dua sendok makan peach gum menyediakan sejumlah kolagen yang sangat cukup untuk mencegah kerutan dan selulit.


Meningkatkan Metabolisme dan Pertumbuhan Otot

Glisin yang ditemukan dalam peach gum persik dikenal sebagai protein yang memiliki khasiat sebagai anti-penuaan yang menunda disintegrasi jaringan otot dan merangsang hormon pertumbuhan manusia.


Menjaga Tulang dan Sendi

Asam amino peach gum membantu dalam pengaturan jaringan ikat yang membuat sendi lebih kuat dan lebih mudah beradaptasi. Manfaat asam amino, selain mengobati tulang dan persendian, adalah untuk mencegah infeksi degeneratif pada persendian seperti osteoarthritis.


Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Di antara protein yang ditemukan di dalam permen karet persik adalah prolin, yang mengurangi perkembangan lemak di pembuluh darah, mengurangi kerja berat pada jantung. Ini mengarahkan denyut nadi. Ini juga membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain menjaga kadar glukosa tetap stabil, peach gum juga bermanfaat dalam mengurangi masalah kecemasan berlebihan yang membuat sulit tidur. Orang-orang tertentu yang secara rutin mengonsumsi permen karet persik berpikir bahwa tidur lebih nyenyak di malam hari dan bangun dengan segar akan membantu.


Alternatif Sehat untuk Gummies

Peach gum bisa menjadi pilihan kudapan manis yang rendah kalori sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai penganan penutup yang sehat.


Nikmat dan Sehat

Dengan teksturnya yang halus dan kenyal serta nutrisi yang kaya, banyak koki rumahan mulai menambahkan peach gum ke dalam kebiasaan memasak sehari-hari mereka. Perut babi rebus dengan paduan peach gum adalah hidangan biasa di wilayah Zhejiang. Saat perut babi yang direbus matang, tambahkan peach gum persik dan rebus selama 15 menit lagi. Satu lagi metode memasak permen karet persik adalah menambahkannya ke tumis dengan, misalnya, tahu atau sayuran asin.


Bermanfaat Untuk Kesehatan Secara Umum

Peach gum berasal dari resin getah pohon persik dan pohon persik liar Cina. Dari literatur kuno Tiongkok, peach gum memiliki karakteristik perbaikan yang mencakup mengatasi kontaminasi urinoir, menyegarkan, dan mengurangi stres. Tidak hanya sering digunakan oleh para ahli Pengobatan Tradisional Cina, tetapi peach gum juga merupakan makanan khas dan baik yang kaya akan asam amino, yang memungkinkan kolagen untuk segera berasimilasi ke dalam tubuh manusia.


Bahan Makanan yang Sehat

Saat dimasak, permukaan seperti selai peach gum halus dan hambar. Karena peach gum terasa hambar, ia cocok dengan bahan lain. Peach gum dapat ditambahkan dengan berbagai bahan makanan lain seperti pada sajian peach gum dessert yang berisi berbagai isian seperti jamur salju, lengkeng kering, kurma merah, ginkgo, melon musim dingin kering, dan sebagainya.