• Novi Amaliyah

9 Manfaat Bunga Telang dan Cara Menikmatinya


Bunga telang sejak lama sudah dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan dan minuman, selain itu bunga bernama latin (Clitoria ternatea) juga dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk membasuh dan membersihkan mata. Tanaman yang tumbuh secara merambat ini mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Bunganya berbentuk seperti corong ini memiliki beberapa varian warna, yaitu biru, ungu, merah muda, dan putih. Bunga telang berwarna biru adalah yang paling mudah ditemukan.

Bunga telang juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pakan ternak, kosmetik dan insektisida alami yang aman. Selain itu bunga telang juga memiliki manfaat kesehatan lainnya yang harus kamu ketahui. Berikut 5 manfaat kesehatan bunga telang bagi kesehatan.


Memelihara Fungsi dan Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan, flavanoid dan antosianin yang terdapat dalam bunga telang dapat memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. Tak hanya itu, bunga telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetikolin, yaitu zat kimia di dalam otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Beberapa riset menunjukkan, asupan antioksidan yang tercukupi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya demensia atau pikun yang parah.


Mencegah dan Meringkan Reaksi Alergi

Di India, bunga telang dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk, gejala alergi dan asma. Sebuah penelitian menyebutkan jika ekstrak bunga telang dapat mengurangi jumlah zat histamin, yaitu zat yang berperan dalam menimbulkan peradangan ketika tubuh terpapar pencetus alergi (alergen).


Menurunkan Kadar Gula Darah

Konsumsi bunga telang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menjaganya tetap stabil. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.


Mengobati Diare

Tak hanya bunganya yang berkhasiat sebagai tanaman herba, daun bunga telang juga memiliki manfaat bagi kesehatan untuk untuk mengobati diare.

Sebuah studi laboratorium berskala kecil menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat meredakan gejala diare berkat kandungan zat antiradang dan antibakteri di dalamnya.


Meringankan Peradangan

Bunga telang telah lama digunakan sebagai salah satu obat alami untuk menagatasi demam dan nyeri akibat peradangan di dalam tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa manfaat ini mungkin benar adanya karena bunga telang diketahui memiliki efek antiradang.


Mengatasi Gangguan Kecemasan

Dalam sebuah riset, para peneliti berusaha untuk melihat manfaat bunga telang, jika dikonsumsi bersamaan dengan aktivitas yoga.Hasil yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life, cukup memuaskan dimana dalam satu sesi yoga saja, konsumsi bunga telang bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).


Meringankan Depresi

Dalam sebuah studi, peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol bunga telang. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan di dalamnya terdapat asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. Asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan). Sedangkan Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.


Menyehatkan Jantung

Bunga telang dipercaya dapat mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Itulah mengapa bunga telang dipercaya dapat membantu menyehatkan jantung.Dalam sebuah studi pada hewan, bunga telang bisa menurunkan kadar trigliserida cukup signifikan. Bahkan, jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL), justru mengalami peningkatan.


Menyembuhkan Luka

Bunga telang juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka. Karena ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka pada hewan percobaan ini, meningkat secara signifikan.

Itulah sebabnya, para peneliti pecaya, bahwa khasiat bunga telang, bisa menjadi penyembuh luka yang efektif.


Untuk menggunakannya bunga telang dinikmati sebagai minuman seduhan. Untuk membuat minuman seduhan bunga telang bisa dilakukan dengan cara sbagai berikut.

  1. Petik 10 kelopak bunga telang, baik segar ataupun dalam bentuk kering, kemudian rendam ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 15 menit

  2. Saat kelopak bunganya sudah tidak berwarna biru lagi, buanglah kelopaknya, dan saring airnya. Jika warna kelopaknya sudah menghilang, maka air panasnya akan berwarna biru keunguan.

  3. Agar lebih nikmat bisa dipadukan dengan air perasan jeruk nipis atau diseduh dengan sereh kering untukmendapatkan aroma yang lebih nikmat.

  4. Siap dinikmati.



Foto.Dok.Istock Foto