• Novi Amaliyah

9 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan


Daun Binahong
Daun Binahong

Binahong merupakan tanaman rambat yang bisa menjadi penghias pagar. Di dunia internasional, daun ini disebut Heartleaf maderavine, madevine karena bentuknya yang menyerupai tanda hati. Daun ini biasa ditemukan di negara-negara di Asia seperti Korea Selatan, China, Madagaskar, dan Indonesia.


Daun Binahong sudah dijadikan sebagai tanaman herbal sejak lama di seluruh dunia.

Daun ini sudah digunakan sebagai tanaman herbal sejak lama di seluruh dunia. Setiap bagian tanaman binahong dapat digunakan sebagai obat, tetapi masyarakat biasanya menggunakan daunnya. Orang percaya bahwa daun binahong mengandung banyak hal baik untuk kesehatan. Binahong kaya antioksidan dan beberapa zat yang berguna bagi kesehatan. Berikut 9 manfaat daun binahong bagi kesehatan seperti dilansir dari berbagai sumber.


Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ yang memiliki tanggung jawab terhadap sistem pernapasan.Jadi itulah mengapa sangat penting untuk melindungi paru-paru. Coba ambil 10 buah dan rebus hingga matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


Menyembuhkan Luka

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam asrkobat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Caranya adalah dengan menumbuk daun binahong sampai halus lalu mengoleskannya pada luka. Kandungan minyak atsiri daun binahong hampir dapat menyembuhkan setiap jenis luka. Tapi, jika lukanya agak parah, gunakan perban untuk menutup luka dengan perban setelah mengoleskan daun binahong untuk melindungi luka dari bakteri.


Meredakan Nyeri Menstruasi

Ada banyak sekali ramuan yang bisa menjadi obat pereda nyeri, salah satunya yang terbuat dari daun binahong. Ambil 3 buah lalu rebus di dalam air sampai matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.


Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit yang menganggu sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Binahong bisa menjadi pilihan alternatif herbal untuk menyembuhkan disentri Kamu bisa mencoba membuat ramuannya dengan menggunakan 10 lembar daun binahong lalu merebusnya dalam 2 gelas air. Rebus sampai airnya berkurang hingga setengahnya, konsumsi setidaknya sekali sehari sampai sembuh dari disentri.


Perawatan kulit

Manfaat kesehatan lain dari Binahong adalah untuk merawat kulit, Mengapa? Karena daun binahong mengandung anti oksidan yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini. Tumbuk halus dan oleskan pada wajah, ramuan ini juga bisa untuk membantu menyembuhkan masalah jerawat.


Menyembuhkan Wasir

Bagi penderita wasir, bisa coba mengonsumsi daun binahong sebagai salah satu pilihan pengobatan. Coba gunakan setidaknya 16 lembar daun binahong untuk direbus. Rebus dalam 3 gelas air dan tunggu sampai matang dan airnya berkurang menjadi 1 gelas. Minum setiap hari satu gelas untuk hasil terbaik.


Meningkatkan Energi Dan Vitalitas

Daun binahong juga merupakan sumber protein yang baik yang dapat meningkatkan energi. Rebus saja dua lebar di dalam dua gelas air dan konsumsi, untuk meningkatkan energi yang berkurang. Untuk yang memiliki masalah vitalitas, bisa mencoba dengan merebus 3-10 lembar daun binahong dalam dua gelas air sampai mendidih, konsumsi setiap hari untuk hasil terbaik.


Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk yang sedang memiliki masalah nafsu makan bisa mencoba ramuan daun binahong. Caranya dengan merebus 5 lembar daun binahong dalam 2 gelas air. Minum sehari sekali


Meningkatkan Tekanan Darah Untuk yang memiliki masalah dengan tekanan darah rendah perlu untuk segera diatasi karena tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi mudah letih dan lesu. Asupan yang diperlukan untuk mengatasi kondisi adalah makanan yang kaya mineral. Salah satu ramuan kaya mineral yang bisa dicoba adalah binahong. Coba ramuan yang terbuat dari 8 lembar daun binahong dan rebus dalam 2 gelas air. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.


Foto: Dok.Medkomtek.com