• Maria Yuliana Kusrini

Abalone, Makanan Mewah Banyak Manfaat

Abalone merupakan spesies kerang-kerangan yang hidup di laut dalam. Makanan ini pun menjadi salah satu menu yang wajib ada saat makan malam perayaan Imlek. Bagi masyarakat Tionghoa, dulunya abalone hanya disajikan bagi para raja-raja ataupun kelompok ningrat saja. Masyarakat biasa tidak bisa mengonsumsinya, karena harganya yang memang sangat mahal.

Di moment makan malam Imlek, setiap keluarga memang hanya menyajikan hidangan yang memiliki filosofi dan maksud baik. Abalone salah satunya yang memang dianggap sebagai makanan mewah atau makanan kelompok atas. Dengan menghadirkan abalone di saat Imlek, maka diharapkan setiap anggota keluarga yang memakannya bisa mendapatkan kehidupan yang lebih tinggi lagi, baik secara ekonomi ataupun tingkat sosialnya di tahun yang baru.


Dianggap sebagai makanan mewah, abalone memang memiliki harga yang sangat mahal. Per kilonya sendiri mampu menembuh angka hingga ratusan hingga jutaan rupiah. Harganya yang mahal itu dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni dari habitat hidupnya yang ada di laut dalam sehingga sulit untuk didapatkan, proses pengambilannya yang hanya bisa dilakukan dengan cara manual yakni dengan cara menyelam, hingga keterbatasan populasi dari abalone itu sendiri yang kini kian sedikit karena pemanasan global.


Punya harga fantastis dan citarasa yang enak, abalone ternyata juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari menjaga stamina tubuh, mengatasi nyeri otot setelah beraktivitas, menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis, mencegah penyakit gondok atau kelenjar tiroid, mencegah rematik, membantu kerja ginjal, mengurangi aktivitas sel kanker, memperkecil resiko penyakit jantung, menyembuhkan asma, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatasi diabetes. Itu semua berkat kandungan nutrisi dari abalone itu sendiri, seperti kandungan asam lemak omega-3, protein, serat, vitamin, mineral, zat besi, kalium, yodium, fosfor, magnesium, hingga zinc.


Berasal dari bahasa Spanyol ‘Abulon’, makanan bertekstur kenyal seperti permen karet ini harus dimasak dengan menggunakan api kecil dan waktu yang cukup lama. Dengan begitu makan sajian abalone pun akan memiliki tekstur kenyal namun tidak keras. Dalam sajian Chinese, abalone bisa dimasak dengan menggunakan saus oyster saus, sajian Ye Shang dengan cara dipotong tipis-tipis, dibuat menjadi sup, dan lainnya.

© 2019 yukmakan channel