• Novi Amaliyah

Anmitsu, Dessert Jepang Yang Menyegarkan dan Sehat


Anmitsu
Anmitsu, dessert Jepang yang nikmat dan sehat

Selama ini kuliner Jepang identik dengan sushi, sashimi yang sudah tak asing lagi dengan lidah masyarakat Indonesia. Namun untuk hidangan penutup khas Jepang seolah tak banyak variasi, padahal selain mochi dan dorayaki, negeri sakura ini punya hidangan penutup yang kalah nikmat. Anmitsu, hidangan ini adalah makanan penutup klasik Jepang yang sering dinikmati di bulan-bulan hangat di musim semi dan musim panas.


Anmitsu adalah kombinasi yang nikmat dari berbagai dari tekstur yang berbeda termasuk jeli kanten yang keras, buah-buahan manis, dan pasta kacang merah manis kasar yang menjadi ciri khas Anmitsu dan nama sajian ini berasal. Kamu juga bisa berkreasi untuk membuatnya sendiri di rumah. Sajian ini mungkin sekilas dengan es campur di Indonesia yang merupakan aneka padua potongan buah segar dengan es.


Anmitsu
Anmitsu dengan pasta kacang merah sebagai ciri khasnya

Kamu bisa menggunakan hampir semua kombinasi buah favorit yang sedang musim atau sesuaikan saja dengan selera. Bisa juga menggunakan buah kalengan yang mudah didapat seperti irisan buah persik dan jeruk mandarin, atau bahkan koktail buah. Atau paduan buah segar seperti buah kiwi, stroberi, jeruk, beri, melon, anggur, apel dan nanas. Jeli yang digunakan dalam anmitsu dikenal dengan kanten dimana terbuat dari agar-agar yang berasal dari ganggang merah. Selain sehat kudapan manis klasik Jepang ini kaya serat dan vitamin karena kaya dengan paduan buah. Agar lebih nikmat kamu bisa memadukan dengan es kacang merah atau matcha.