© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Asal Usul Buffalo Wings


Kamu pasti sudah tidak asing dengan Buffalo Wings, camilan ringan khas Amerika ini sangat popular. Di Amerika sajian ini seolah jadi camilan wajib yang setiap sport bar, apalagi saat pesta Super Bowl. Selain jadi camilan sambil menonton pertandingan olahraga, Buffalo Wings juga bisa dijadikan camilan saat pesta barbekyu di Amerika. Bahkan menu ini menjadi menu andalan yang dijual Hooters, sport bar yang menjadikan Buffalo Chicken Wings sebagai ciri khas mereka.


Tapi bagaimana sebenarnya sajian ini tercipta?. Buffalo Wings pertama kali disajikan pada tahun 1964 oleh sebuah perusahaan keluarga di Buffalo, sebuah kota di Negara bagian New York Amerika Serikat yang bernama Anchor Bar. Buffalo Wings adalah kreasi Teressa Bellissimo, yang melumuri ayam goreng mereka dengan saus special dan menyajikannya denga potongan keju biru dan batang seledri segar.


Pada tahun 1980, suami Teressa Bellissimo, Frank, mengatakan kepada New Yorker bahwa sayap kreasi istrinya diciptakan karena sebuah insiden. Suatu saat barnya, secara tidak sengaja menerima kiriman sayap dan bukan bagian ayam lainnya. Kebingungan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan sayap-sayap ayam ini. Pada saat yang bersamaan, putra Bellissimo, Dominic, meminta ibunya untuk membuat camilan untuknya dan teman-temannya. Teressa akhirnya membuat kreasi dari sayap ayam yang mereka terima. Sejak saat itu kreasi sayap ayam goring kreasi Teressa ini jadi popular di kota ini, bahkan setiap 29 Juli sejak 1977 dirayakan Chicken Wing Day.


Kreasi Buffalo Wings yang tepat adalah dimana sayap ayam harus dipotong menjadi dua sehingga menyerupai stik drum kecil sehingga mudah dimakan. Kemudian digoreng tanpa lapisan atau breading, setelah itu sayap-sayap ayam ini dilumuri ke dalam saus oranye terang zesty, kombinasi mentega cair, saus panas dan paprika merah , pedas dan asam jadi citarasa yang khas dari bumbu Buffalo Wings. Selama bertahun-tahun, sajian ini menjadi makanan daerah yang hanya ditemukan di New York dan sekitarnya.


Tetapi sesuatu yang lezat tidak dapat dirahasiakan selamanya dan pada pertengahan 1980-an sayap Buffalo telah menyebar ke seluruh negeri. Pada tahun 1993, sebuah stasiun radio Philadelphia menjadi tuan rumah kontes makan Wing Bowl tahunan pertama, dan selama bertahun-tahun telah berkembang menjadi salah satu acara paling bergengsi danmenarik lebih dari 20.000 penonton. Rekor Wing Bowl saat ini milik Joey Chestnut, yang pada 2008 mengonsumsi 241 sayap dalam dua periode 14 menit.