• Novi Amaliyah

Asal Usul Saus Cajun Favorit BTS



McDonald's Indonesia kembali membuat kehebohan setelah peluncuran menu spesial BTS x McD, yaitu BTS Meal. Semua gerai McDonald's di berbagai daerah di Indonesia diserbu antrian ojol dan pelanggan drive-tru. Selain kolaborasi dengan boyband Korea terpopuler di dunia saat, yaitu BTS. Di menu kolaborasi dengan BTS ini McD menghadirkan menu Chicken McNuggets dengan dua pilihan saus istimewa yaitu Cajun dan Sweet Chilli. Kedua saus ini memang jadi saus favorit anggota BTS.


Saus Cajun dikenal sebagai saus khas daerah Lousiana dan cukup populer di Amerika Serikat. Kamu pasti sudah sering mendengarnya dan pasti sudah pernah mencobanya bukan?. Saus Cajun ini biasanya dinikmati untuk olahan seafood juga cukup populer sebagai saus untuk menikmati olahan barbecue. Saus Cajun berakar dari kuliner Cajun, yang dikenal dengan rasa pedasnya dan sensasi hangat yang menggugah selera. Kuliner Cajun adalah kuliner dengan gaya memasak yang berkembang di bagian selatan Amerika Serikat yang berasal dari imigran Prancis.


Kuliner ini berakar dari masakan pedesaan Prancis, yang kemudian beradaptasi dan berkembang oleh populasi selama berabad-abad karen pengaruh budaya dan perubahan geografis. Orang Acadia adalah orang asli Prancis yang berimigrasi ke Canada pada awal 1600-an. Kemudian karena menolak berjanji setia kepada kerajaan Inggris pada tahun 1755. Lebih dari 14.00 orang Acadia dideportasi dan pindah ke Lousiana yang berada di bagian Selatan Amerika Serikat.


Ragam sajian tradisional bergaya petani di pedesaan Prancis ini biasanya berisi olahan daging dan sayuran yang dimasak dengan saus kental dalam satu panci yang kemudian diadaptasi dengan memasukkan apa saja yang mereka dapatkan di sekitar mereka mulai dari bahan makanan yang mereka dapat di darat maupun laut.

Setelah menetap di Selatan, para petani Prancis-Kanada ini sekali lagi menyesuaikan masakan mereka dengan bahan-bahan yang ada di wilayah Acadiana. Masakan mereka berevolusi dimana memasukkan kepiting, tiram, alligator, crawfish udang, lele, dan ikan merah yang ditangkap di Teluk Meksiko, sungai dan rawa sekitar. Dibandingkan saat mereka di tinggal di Canada dimana terbiasa mengolah lobster, salmon, dan ikan cod yang ditemukan di Atlantik Utara.


Kentang diganti dengan nasi, yang tumbuh subur di iklim Louisiana yang panas, paprika menggantikan wortel dalam dasar kuliner untuk olahan masakan mereka. Ditambah dengan rempah-rempah baru seperti lada hitam dan cabai rawit mulai dipadukan. Dimana dipengaruhi dari Spanyol, penduduk asli Amerika, dan Afrika-Amerika yang juga memainkan peran penting dalam pengaruh dalam masakan Cajun seperti sekarang ini.


Kuliner Cajun berakar pada makanan laut, melestarikan gaya hidup Acadian menggunakan apa yang disediakan alam. Rempah-rempah adalah kunci untuk mengembangkan rasa, roux saus dasar khas masakan Prancis hampir selalu digunakan. Untuk saus Cajun ada banyak rempah-rempah yang digunakan, diantaranya daun thyme kering, bawang putih, bawang bombai, paprika, cayenne bubuk, garam bawang merah, oregano, dan lada hitam. Ada banyak modifikasi aplikasi dari saus Cajun yang serbaguna dipadukan dengan bahan makanan lain. Seperti paduan mustard yang digunakan pada saus Cajun McDonald's x BTS memberikan citarasa sedikit creamy dan gurih.


Selain saus Cajun yang populer, hidangan Cajun yang populer lainnya ada gumbo, sup yang dibuat dengan filé, okra, ayam, sosis, dan terkadang udang, jambalaya yang dipadukan dengan nasi dan boudin (sosis babi) atau bola boudin (sosis babi goreng) dan saus. Perayaan makanan pada waktu-waktu tertentu masih populer di dalam masyarakat Acadia, termasuk rebusan udang karang (crawfish) yang terkenal, boucherie keluarga, cochon de lait, dan perayaan Mardi Gras.


Foto:Dok.Getty Images