• Maria Yuliana Kusrini

Atasi Batuk Dengan 4 Bahan Alami Ini

Jika ditanya, pastinya semua orang tidak mau mendapat atau merasa sakit, apapun jenis sakitnya. Selain dapat menjadikan badan menjadi tidak enak dan tidak nyaman, dengan adanya sakit maka dapat membatasi aktivitas sehari-hari. Termasuk dengan sakit batuk yang sebenarnya terasa begitu sepele, namun jika tidak segera diobati akan menjadi parah dan bisa menyebabkan keluhan lainnya.



Sakit batuk sendiri bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat yang bisa dibeli di pasaran atau sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. Namun, bagi yang tidak ingin mengonsumsi obat-obatan, maka bisa mencoba cara alternatif dengan menjadikan bahan-bahan alami sebagai pilihannya. Dari sekian banyak bahan alami yang ada di dapur atau pekarangan rumah, berikut ini empat bahan yang bisa dijadikan solusi mengobati batuk.


1. Bawang Merah

Bumbu dapur satu ini tentunya sangat mudah ditemukan di rumah. Hampir semua jenis masakan, pasti menjadikan bawang merah sebagai salah satu bahannya. Tak hanya dikenal sebagai penghalau masuk angin atau perut kembung untuk balita, ternyata bawang merah juga ampuh mengatasi batuk. Caranya membuatnya sangat mudah, yakni haluskan 4 gr bawang merah bersama dengan daun sembung, daun pegagan, dan adas. Setelah halus kemudian diberi air dan disaring. Minum airnya secara rutin tiga kali dalam sehari.


2. Belimbing Wuluh

Terkenal akan citarasanya yang asam, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk mengatasi batuk. Bukan hanya buahnya saja, bunga belimbing wuluh juga memiliki peranan yang sama. Sebagai penghalau batuk, bisa menjadikan air rebusan dari bunga dan buah belimbing wuluh sebagai pilihannya. Air rebusan yang masih hangat lalu ditambahkan dengan madu itu dikonsumsi secara rutin dua kali dalam sehari.


3. Bunga Knop/Kenop/Kancing

Siapa sangka jika bunga cantik berwarna ungu atau putih ini memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Bukan hanya bunganya saja, namun semua bagian dari tumbuhan ini punya manfaat baik, akar, daun, hingga batangnya. Tanaman bunga knop ini terbukti ampuh untuk meredakan penyakit batuk. Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, layaknya minum teh. Ambil semua bagian dari tumbuhan ini, bunga, akar, batang, dan daun, kemudian dicuci hingga bersih dan jemur hingga benar-benar kering. Setelah kering, rebus dengan air hingga airnya tersisa setengahnya. Minum air rebusan itu dua kali dalam sehari secara rutin.


4. Lidah Buaya

Terkenal mampu menghaluskan kulit, lidah buaya juga memiliki citarasa lezat jika dijadikan minuman. Konsumsi minuman yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan dasarnya, ternyata terbukti mengatasi masalah batuk. Tapi tentunya dikonsumsi tanpa menggunakan campuran gula berlebihan ataupun es batu. Setelah dibersihkan, lidah buaya direbus, kemudian air rebusannya diminum secara rutin. Bisa menambahkan madu atau sedikit gula untuk menambah citarasa.