• Novi Amaliyah

Awal Mula Cokelat Jadi Bingkisan di Hari Valentine


Pernahkah kamu memperhatikan setiap menjelang bulan Februari, berbagai produsen cokelat menghadirkan produk khusus Valentine. Dengan mudahnya cokelat edisi Valentine dikemas secantik mungkin.

Kalau dirunut ke belakang, bagaimana cokelat bisa dijadikan sebagai simbol cinta selain bunga mawar, serta bagaimana hubungan cokelat dan cinta ini bermula. Bagimana tradisi memberi cokelat pada Hari Valentine ini berasal.


Sejarah Hari Valentine bermula pada era Romawi, penambahan cokelat sebagai simbol perayaan cinta sesuatu yang baru. Mungkin, mungkin ini jadi strategi pemasaran jenius dari Richard Cadbury abad ke-19 yang masih sangat sukses bahkan sampai hari ini.

Pada 1800-an, keluarga asal Inggris ini sudah berkecimpung dalam pembuatan cokelat dan mencari cara untuk memanfaatkan cocoa butter yang diekstraksi selama pembuatan cocoa liquor. Richard Cadbury menemukan cara untuk membuat cokelat yang rasanya enak dan ekonomis.


Dimana mereka memproduksi cokelat mahal untuk dijual pada kelas elit yang mampu membeli cokelat dari sumber daya terbatas pada saat itu.

Saat itu Cadbury mampu menghasilkan cokelat batang yang mudah disimpan di saku. Kemudian berlanjut dengan membuat cokelat yang dikemas dalam kotak-kotak eksklusif dengan cupid dan mawar, dimana cokelat ini cukup populer di zaman Victoria dan dianggap sebagai simbol romansa.

© 2019 yukmakan channel