• Novi Amaliyah

Bahan dan Bumbu Yang Sering Digunakan Untuk Memasak Chinese Food




Tak ada yang lebih nikmat saat menikmati berbagai sajian saat berkunjung ke restoran yang menyajikan sajian Chinese food. Sajian seperti aneka tumisan sayur, olahan seafood, serta aneka sajian yang digoreng yang seolah memberikan tekstur di mulut, ditambah aneka saus mulai dari asam manis, pedas dan gurih berpadu menjadi satu. Apalagi saat menikmatinya bersama dengan orang-orang tersayang. Karena biasanya restoran yang menyajikan Chinese food selalu menyajikan porsi menu sharing untuk dinikmati bersama dalam porsi yang cukup besar.


Kalau kamu dan keluarga suka menikmati sajian Chinese food, kamu bisa berkreasi dan memasak sajian Chinese food favorit untuk dinikmati bersama dengan anggota keluarga. Sajian Chinese food memang memiliki bumbu dan citarasa yang khas. Berikut beberapa bumbu dan bahan yang harus ada di dapur untuk mendapatkan sajian Chinese food seenak restoran.


Cuka Beras

Bahan ini digunakan untuk menambah rasa, aroma dan citarasa yang bagus untuk menghilangkan bau yang kuat, seperti ikan.


Jamur Hitam Kering Cina

Jamur kering banyak dijadikan olahan lezat dalam Chinese food dan cukup mudah ditemukan. Jamur kering ini direndam terlebih dahulu sebelum digunakan dan biasanya diolah untuk sup dan tumisan.


Tepung Maizena

Tepung ini digunakan untuk tambahan bumbu perendam, dan sebagai pengental.



Bawang Putih dan Jahe

Bawang putih dan jahe adalah salah satu bahan yang selalu digunakan dalam mengolah Chinese food. Perpaduan keduanya memberikan aroma dan citarasa yang lezat dan khas. Pilih jahe dan bawang putih yang segar untuk aroma dan citarasa lebih nikmat.


Daun Bawang dan Daun Ketumbar

Keduanya sering digunakan sebagai hiasan, atau ditambahkan ke tumisan untuk memberikan aroma.


Saus Tiram

Saus ini terbuat dari tiram dan bumbu-bumbu, saus yang memberikan citarasa gurih ini digunakan dalam aneka hidangan daging dan sayuran yang merupakan salah satu bahan utama dalam masakan Kanton.


Minyak Wijen

Digunakan sebagai penyedap dalam tumisan dan sup Chinese food yang lezat dengan aroma khas.


Kecap Asin dan Manis

Keduanya sering dipakai untuk masakan bersaus baik asin maupun manis. Kecap asin biasanya lebih cair sedangkan kecap manis lebih kental dan gelap.


Pasta Cabai

Dibuat dengan cabai, garam, bawang putih, jahe, dan ditumis menggunakan minyak karena sudah dimasak, pasta ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang cuku lama. Pasta ini praktis untuk digunakan untuk menambah citarasa pedas pada tumisan, bumbu rendaman maupun saus.


Minyak untuk Menggoreng dan Menumis

Secara tradisional, orang Cina menggunakan minyak kacang seperti kacang kedelai. Namun bisa juga menggantinya dengan minyak sayur, seperti canola ataupun minyak kelapa. Minyak sayur lebih sehat; Selain itu, minyak kacang menjadi lebih cepat tengik.


© 2019 yukmakan channel