• Novi Amaliyah

Baileys Dark Chocolate Mousse


Baileys Dark Chocolate Mousse
Baileys Dark Chocolate Mousse

Bahan

150 gr Chocolate Chips (dark, semisweet dark chocolate) 2 sdm Whipping cream 180 ml Whipping cream 1 btr Telur, pisah bagian putih dan kuningnya

1 sdm Baileys Irish Cream

Garnish, chocolate parut dan buah raspberry segar


Cara membuat

  1. Masukkan 2 sendok makan krim kocok dan cokelat ke dalam mangkuk bersih. Letakkan mangkuk di atas panci berisi air yang cukup untuk didihkan selama beberapa menit. Pastikan air tidak menyentuh mangkuk (metode au bain marie) untuk melelehkan coklat.

  2. Panaskan perlahan dan aduk campuran krim cokelat dengan sendok logam sampai cokelat meleleh dan halus.

  3. Angkat adonan dari panci, kemudian tambahkan kuning telur ke dalam adonan coklat sambil diaduk hingga rata dan tercampur rata. Panas sisa dari cokelat akan “memasak” kuning telur. Letakkan mangkuk di atas panci berisi air panas agar cokelat tetap hangat, tetapi jangan nyalakan kembali apinya.

  4. Kocok whipping cream hingga soft peak. Tambahkan setengah dari cokelat leleh ke krim kocok dengan sendok logam, aduk lipat sampai rata. Aduk lipat dalam campuran cokelat yang tersisa dan Baileys Irish Cream, jika diinginkan, tetapi lakukan perlahan agar tidak terlalu mengaduk atau mengempiskan volumenya. Sisihkan.

  5. Gunakan mixer untuk mengocok putih telur, kocok hingga terbentuk soft peak, lalu masukkan ke dalam adonan mousse cokelat. Sendokkan mousse ke dalam gelas saji. Tutup dan dinginkan selama 2 jam dalam lemari pendingin.

  6. Sajikan dengan cokelat serut atau buah raspberry segar.