• Novi Amaliyah

Beda Jenis Teh, Beda Suhu Untuk Menyeduhnya


Secara umum untuk menyeduh teh, pertama-tama sebaiknya ikuti instruksi dalam kemasan teh yang dianjurkan. Namun jika kurang puas dengan citarasanya, coba gunakan suhu yang lebih rendah, menyeduh lebih lama atau lebih sedikit, atau menggunakan lebih banyak daun teh untuk rasa yang diinginkan. Jika ragu, gunakan air yang lebih dingin suhunya. Teh bisa rusak oleh suhu air yang terlalu panas. Air mendidih dan kemudian membiarkannya dingin menghilangkan oksigen dari air dan akan mengurangi citarasa teh. Akan lebih baik memanaskan suhu air dibandingkan terlanjur menggunakan suhu yang terlanjur panas dan harus menurunkan suhu yang sesuai. Berikut panduan praktis menyeduh teh berdasarkan jenis teh.


Teh Putih

Teh putih harus diseduh dengan air yang berada di bawah titik didih karena suhu tinggi  akan membuat daun teh melepuh. Gunakan air bersuhu sekitar 71 derajat, yaitu ketika gelembung kecil mulai muncul saat memasak air.


Teh Hijau

Jika teh hijau terasa pahit atau terlalu beraroma seperti rumput, cobalah menyeduh dengan suhu yang lebih rendah. Kebanyakan teh hijau paling baik jika diseduh jauh di bawah suhu mendidih atau 100 derajat. Coba gunakan suhu diantara 65 – 82 derajat celcius. Tandanya jika merebus air muncul gelembung kecil di dasar panci yang dengan cepat naik ke permukaan.  Teh hijau Jepang kukus cenderung membutuhkan suhu yang lebih rendah daripada teh hijau lainnya. Beberapa teh hijau beraroma atau berbentuk (seperti jasmine pearl) dapat diseduh pada suhu yang sedikit lebih tinggi. Teh kuning juga harus diseduh seperti teh hijau.


Teh Oolong

Suhu terbaik untuk menyeduh teh oolong tergantung pada cara menyiapkannya. Untuk menyeduh Gong fu biasanya membutuhkan suhu pembuatan yang lebih tinggi (serta lebih banyak daun dan waktu pembuatan yang sangat singkat) dibandingkan dengan penyeduhan yang bergaya Western. Gaya Western untuk menyeduh the oolong biasanya berkisar antara 87 – 93 derajat celcius.


Teh Hitam

Beberapa teh hitam yang ringan seperti First Flush Darjeelings membutuhkan suhu penyeduhan yang lebih rendah sekitar 82 derajat hingga 87 derajat celcius. Namun, kebanyakan teh hitam dapat diseduh antara 93 derajat sampai 100 derajat celcius.


Teh Pu-erh

Teh pu-erh harus diseduh dengan air mendidih atau 100 derajat untuk mendapatkan citarasa yang optimal. Teh pu-erh juga biasa dikenal sebagai puer, pu'er, po lei dan bolay tea, dan dikenal sebagai teh hitam di Cina. Teh ini merupakan salah satu jenis teh semi-langka yang berasal dari Yunnan.

Teh Herbal / Tisanes

Tisanes atau teh herbal berasal dari banyak tanaman yang berbeda, jadi petunjuk pembuatannya sangat bervariasi. Beberapa teh herbal seperti seperti catnip dan yerba mate tidak boleh direndam dalam air yang benar-benar mendidih. Yang lainnya seperti biji adas harus direbus untuk melepaskan rasa penuhnya. Sebenarnya pada teh herbal adalah menciptakan rebusan bukan infus seperti pada daun teh.


Foto:Dok. Getty Images

© 2019 yukmakan channel