• Novi Amaliyah

Beda Susu Evaporasi dan Susu Kental Manis



Terkadang beberapa bahan makanan memiliki karakteristik yang sama, kadang kita berfikir bisa menggunakan salah satunya. Seperti susu evaporasi dan susu kental manis. Kedua bahan ini sering ditemukan pada resep saat membuat masakan ataupun kudapan manis. Sebenarnya, apakah kedua bahan makanan ini sama dan bisa menggantikan satu sama lain saat kita memasak atau saat membuat kue.


Yuk kita berkenalan dengan susu evaporasi dan susu kental manis. Ada banyak perbedaan antara susu evaporasi dan susu kental manis. Jadi, kedua bahan ini tidak bisa saling menggantikan. Meski keduanya sekilas tampak sama karena dikemas dalam wadah kaleng. Namun pada dasarnya kedua susu jenis ini memiliki fungsi yang berbeda. Kesamaan kedua susu ini adalah, keduanya memiliki masa simpan yang relatif lebih lama yaitu satu tahun. Setelah kemasan dibuka, sebaiknya simpan dalam lemari pendigin dan gunakan maksimal selama lima hari setelah kemasan dibuka.

Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah jenis susu tanpa pemanis yang dikemas dalam kemasana kaleng. Susu ini diciptakan ketika lemari es belum dapat diakses oleh banyak keluarga seperti saat ini, susu ini terbuat dari susu sapi segar yang sudah dihilangkan 60% kadar airnya.


Susu ini dibuat dengan cara susu dididihkan perlahan-lahan di atas api kecil sampai sekitar 60 persen kandungan airnya menguap. Susu evaporasi memiliki citarasa lebih creamy dengan tekstur yang lebih cair dibandingkan dengan susu kental manis. Susu ini dulu dipilih untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anak-anak.

Susu evaporasi bisa digunakan sebagai pengganti susu segar dengan mencairkannya dengan sedikit air.


Kamu bisa menamabahkan susu evaporasi untuk membua mac and cheese atau untuk menggantikan cream ketika membuat mashed potato agar memiliki citarasa yang lebih nikmat dan creamy. Susu evaporasi memiliki kandungan lemak lebih rendah bila dibandingkan dengan cream.

Susu Kental Manis

Sementara susu kental manis, dibuat melalui proses yang sama seperti susu evaporasi namun kemudian susu ini ditambahkan gula ke dalamnya, sebagai pemanisnya. Jadi sebenarnya susu ini bukan merupakan jenis susu yang sehat. Kalau kamu pecinta dulce de leche, susu kental manis bahan baku utama untuk membuat dessert satu ini. Kamu bisa mengucurkan susu ini sebagai pemanis dalam dessert kamu sebagai sentuhan sederhana yang efektif untuk hidangan penutup yang praktis dan efektif. Kamu bisa membuat susu kental manis sendiri di rumah menggunakan susu biasa kemudian tambahkan gula sambil dimasak perlahan hingga kandungan airnya menguap.


© 2019 yukmakan channel