• Novi Amaliyah

Begini Cara Menikmati Wagyu Yang Benar


Wagyu, daging sapi istimewa dari negeri Sakura ini secara harafiah berasal dari kata wa yang berarti orang Jepang dan gyu adalah daging sapi. Di Jepang ada 47 perfecture atau provinsi dimana masing-masing perfecture memiliki daging sapi khas tersendiri.


Salah satu daging wagyu terbaik saat ini adalah berasal dari Kagoshima, yaitu Satsuma Gyu. Kagoshima berada di Kyushu atau juga dikenal dengan kepulauan Sembilan yang terletak di bagian Selatan Jepang. Dimana terletak gunung Sakurajima dengan alam yang indah dan subur sehingga menghasilkan daging wagyu terbaik di Jepang.


Wagyu secara alami mengandung lemak sehat yaitu Omega 6 dan Omega 3 yang memiliki manfaat bagi Kesehatan. Oleh karena itu menurut Chef Arnold Poernomo, untuk mengolah daging wagyu ini tidak perlu banyak menambahkan bumbu cukup dengan garam dan lada.

Saat ini Satsuma Gyu menjadi daging wagyu halal premium dengan grade marbling terbaik yang memenangkan Wagyu Olympic di Jepang sejak tahun 2017. Tak hanya menjadi daging wagyu premium terbaik, Satsuma Gyu juga sudah memiliki sertifikat halal dan juga surat kesehatan dari Pemerintah Jepang.


Alexander Hansen, Managing Director, PT. Subur Arta Utama (SAU) sebagai salah satu importir dan distributor wagyu di Indonesia menjelaskan bagaimana sebaiknya menikmati daging wagyu yang benar untuk mendapatkan citarasa terbaik daging sapi istimewa satu ini.

Alexander menyarankan, saat menikmati wagyu, sebaiknya jangan langsung menelan tetapi dikunyah secara perlahan hingga lemaknya keluar terlebih dahulu, kemudian hirup dalam-dalam untuk meresapi aroma dan sensasi daging wagyu yang muncul.

"Kunyah sampai lemaknya keluar kemudian ambil napas dalam-dalam, hingga rasa umaminya sampai ke otak. Citarasa gurih umami dan aroma lemak yang tidak aromatik floral hampir mirip aroma gandum. Dijamin rasanya akan bikin terngiang-ngiang,” tutup Alexander.

© 2019 yukmakan channel