• Maria Yuliana Kusrini

Braised Wagyu

Resep dibuat oleh Executive Chef Andry Stefanus, The Sultan Hotel & Residence Jakarta


Bahan:

300 gr Daging Wagyu

120 gr Brokoli

100 gr Tepung Terigu

600 ml Pasta Tomat

3 bh Bawang Putih, cincang

2 bh Wortel Baby

1 bh Bawang Bombay, cincang

3 sdm Mentega Tawar

2 sdm Cincangan Daun Ketumbar

2 sdm Madu

2 sdm Saus Tomat

1 sdt Rosemary Kering

1 sdt Oregano Kering

1 sdt Garam

½ sdt Lada Hitam


Bahan Kentang Tumbuk:

4 bh Kentang

30 gr Mentega Tawar

100 ml Susu Segar

50 ml Krim Masak



Cara Membuat:

  1. Bersihkan daging wagyunya, lalu bumbui dengan menggunakan garam dan lada. Sisihkan. Lalu baluri dengan tepung terigu di kedua sisinya.

  2. Panaskan pan, masukkan daging wagyu ke dalamnya dan masak dengan api kecil. Panggang hingga dagingnya kecoklatan. Lakukan hal yang sama di sisi sebaliknya. Angkat dan sisihkan.

  3. Panaskan minyak dalam pan, kemudian tumis bawang bombay, bawang putih, oregano, dan daun ketumbar. Masak hingga harum dan layu. Masukkan pasta tomat, madu, dan saus tomat, aduk sampai semuanya tercampur rata.

  4. Lalu masukkan daging wagyu ke dalam bumbu. Aduk dan masak hingga adonan bumbu atau sausnya itu meresap dan menutup ke seluruh bagian daging. Angkat.

  5. Panaskan oven, kemudian panggang daging wagyu yang sudah dibaluri dengan sausnya tadi selama 2,5 jam. Angkat dan sisihkan.

  6. Untuk membuat kentang tumbuk sebagai pendampingnya, rebus kentang yang sudah dikupas hingga matang. Kemudian hancurkan alat lumat kentang hingga halus.

  7. Siapkan pan, masukkan susu dan krim ke dalamnya. Bumbui dengan garam dan lada. Tambahkan mentega ke dalamnya. Masak hingga semuanya tercampur rata.

  8. Rebus wortel dan brokoli dalam air yang sudah diberi garam hingga matang. Angkat, sisihkan.

  9. Untuk penyajiannya, Potong daging wagyunya sesuai selera. Kemudian sajikan bersama dengan kentang tumbuk, brokoli, dan wortel.

  10. Hidangan siap untuk dinikmati