• Novi Amaliyah

Brokoli dan Kembang Kol, Mana Lebih Sehat



Brokoli dan kembang kol adalah dua sayuran umum yang sering dibandingkan satu sama lain. Tidak hanya berasal dari famili tanaman yang sama, keduanyajuga memiliki beberapa kesamaan dalam hal nutrisi dan manfaat kesehatan. Namun, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan dari keduanya manakah yang lebih sehat dan bernutrisi.

Brokoli dan kembang kol sama-sama rendah kalori dan penuh dengan berbagai vitamin serta mineral penting. Keduanyamengandung serattinggi, nutrisi penting yang mendukung keteraturan, kontrol gula darah, dan kesehatan jantung. Masing-masing juga mengandung jumlah vitamin C yang baik, yang terlibat dalam pembentukan tulang, fungsi kekebalan tubuh, dan penyembuhan luka. Selain itu,keduanya kaya akan beberapa mikronutrien lain, termasuk folat, kalium, tembaga, dan mangan. Dari banyaknya kesamaan brokoli dan kembang kol, ada juga perbedaan dari keduanya seperti brokoli mengandung vitamin C dan K dalam jumlah yang lebih tinggi, sedangkan kembang kol menyediakan sedikit asam pantotenat dan vitamin B-6.


Brokoli dan kembang kol keduanya kaya akan antioksidan, yang merupakan senyawa bermanfaat yang dapat mengurangi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi terhadap penyakit kronis. Sebagai contoh, sulforaphane dan indole-3-carbinol adalah dua antioksidan kaya sulfur yang biasa ditemukan dalam sayuran silifer seperti kembang kol dan brokoli. Kembang kol juga merupakan sumber yang baik dari beberapa antioksidan lain, termasuk asam protocatechuic, asam coumaric, dan vanillic acid. Sementara itu, brokoli kaya akan lutein dan zeaxanthin, keduanya penting untuk kesehatan mata. Brokoli dan kembang kol mengandung antioksidan tinggi dan dapat meningkatkan kesehatan jantung serta melindungi dari jenis kanker tertentu.


Jadi mana yang lebih sehat dari keduanya? ada beberapa perbedaan kecil antara brokoli dan kembang kol, terutama dalam hal manfaat kesehatannya, nutrisi spesifik dan antioksidan yangdimiliki. Namun, keduanya bisa menjadi tambahan yang bergizi dan lezat untuk diet sehat secara menyeluruh. Cobalah menikmati beberapa porsi brokoli dan kembang kol per minggu, bersama dengan sayuran padat nutrisi lainnya seperti tomat, bayam, asparagus, dan zucchini. Sayuran unik ini menawarkan serangkaian vitamin, mineral, dan manfaat kesehatan yang berbeda, keduanya juga dapat membantu menambah variasi makanan serta bisa menjadi tambahan bergizi untuk diet sehat.


Brokoli dan kembang kol keduanya dapat dikreasikanke dalam berbagai resep. Brokoli dapat dimakan mentah atau dikukus, ditumis, dipanggang. Jika dipanggang akan membantu meningkatkan rasa dan tekstur. Keduanya juga bisa dibuat untuk paduansalad, tumisan, hingga casserole. Brokoli juga bisa dapat dipadukan untuk pembuatansaus seperti hummus, saus salad, guacamole, atau tzatziki untuk camilan sederhana. Kembang kol juga dapat dinikmati mentah jika sukaatau dipanggang, dikukus, atau ditumis dan ditambahkan ke berbagai hidangan. Kembang kol jugasangat fleksibel dan dapat dijadikan paduan dengan pizza, hidangan nasi, sayuran, tortilla, dan hidangan pasta twist dengan karbohidrat rendah. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai pengganti nasi dan paduan untuk membuat cream soup.

© 2019 yukmakan channel