• Novi Amaliyah

Cara Melelehkan Cokelat yang Benar



Biasanya agar tampilan cake maupun kue kering menjadi menarik bisa ditambahkan hiasan yang terbuat dari cokelat. Cokelat ini bisa digunakan sebagi pelapis (coating) maupun ganache yang dipadukan dengan cream sebagai filling. Cokelat yang digunakan ini biasanya masih dalam bentuk block atau biasa yang dikenal dengan cooking chocolate. Sebelum digunakan cokelat jenis ini harus dilelehkan terlebih dahulu agar mudah diaplikasikan. Melelehkan cokelat membutuhkan teknik tersendiri untuk menghasilkan cokelat yang sempurna. Yuk, simak tips melelehkan cokelat yang benar agar tidak menggumpal maupun pecah. Selamat mencoba!


1. Cooking chocolate atau coklat blok adalah jenis cokelat yang akan meleleh ketika dipanaskan (ditim) dan akan mengeras kembali ketika dalam keadaan dingin atau dalam suhu ruang.

2. Sebelum ditim, potong-potong coklat blok agar memudahkan proses mengetim coklat.

3. Gunakan wadah tahan panas seperti stainless steel atau keramik sebanyak. Pilih dengan ukuran yang lebih dari panic yang digunakan untuk mengetim.

4. Rebus air hingga mendidih. Angkat, kemudian letakan coklat yang dipotong-potong atau diserut sebelumnya ke dalam wadah. Letakkan di atas panci berisi air yang sudah mendidih. Metode ini juga dikenal dengan metode au bain marie. Aduk perlahan potongan cokelat hingga semuanya meleleh sempurna. Cokelat siap digunakan.




5. Pastikan wadah yang digunakan untuk melelehkan cokelat dalam keadaan bersih dan kering.

6. Jangan melelehkan cokelat di atas air mendidih yang sedang dipanaskan, jarena jika terpercik air akan mengakibatkan cokelat menggumpal. Memanaskan cokelat di atas air mendidih juga akan menyebabkan kandungan lemak dan air menguap dari dalam coklat. Ini akan membuat coklat bergumpal dan pecah karena suhu yang terlalu panas.

7. Jika coklat tim terlanjur menggumpal, bisa menambaghkan margarine atau mentega agar cokelat meleleh. Namun dengan cara ini cokelat akan susah mengeras dan teksturnya tidak bisa halus dengan sempurna.

8. Jika ingin menghias kue kering dengan cokelat, sebaiknya lakukan di ruangan dengan pendingin udara. Tujuannya adalah agar coklat atau hiasan yang dibuat dari coklat cepat mengeras. Atau bisa juga dengan memasukan kue kering atau hiasan cokelat ke dalam lemari es.


Foto.Dok.Istimewa

© 2019 yukmakan channel