• Novi Amaliyah

Cara Mudah Membuat Gula Vanilla Serbaguna


Vanilla, bahan makanan yang memberikan aroma khas ini memang banyak digunakan untuk memberikan aroma pada aneka kudapan manis. Vanilla juga menjadi salah satu varian yang paling banyak disukai orang untuk menikmati kudapan manis selain varian cokelat. Vanilla yang serbaguna ini juga mudah memberikan aroma pada bahan yang dipadukannya, salah satunya gula.


Gula Vanilla atau Vanilla Sugar, Vanillezucker dalam bahasa Jerman adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam resep kudapan manis khas Jerman dan resep-resep khas Eropa seperti cake maupun kue kering. Salah satu cake tradisional khas Natal dari Jerman, Vanillekipferl misalnya, menggunakan gula vanilla sebagai salah satu bahan yang tak terpisahkan dalam pembuatannya.


Gula ini sering digunakan sebagai pemanis dalam adonan cake maupun kue, tetapi gula vanilla juga bisa dijadikan sebagai taburan pemanis kue kering, pie. Gula vanilla juga bisa digunakan sebagai pemanis untuk frosting butter cream buatan sendiri, bisa juga ditambahkan pada buah segar, secangkir kopi ataupun teh panas. Selain sebagai pemanis serbaguna, gula vanilla juga akan memberikan aroma vanilla yang nikmat.


Kamu bisa membuat sendiri gula vanilla di rumah dengan yaitu cukup dengan 1 buah batang vanilla yang bisa ditemukan di supermarket. Kemudian belah batang vanilla menjadi dua bagian, kerat bagian biji vanilla ke dalam 450 gr gula pasir kemudian aduk rata. Setelah itu simpan dalam wadah kaca kedap udara.


Butuh waktu sekitar 2 – 3 minggu agar aroma alami vanilla meresap ke dalam gula sepenuhnya. Gula vanilla ini memiliki umur simpan yang cukup lama selama disimpan dalam wadah kedap udara dan kering. Kamu juga bisa menambahkan kembali gula pasir, vanilla akan memberikan aroma vanilla pada gula selama vanilla masih harum. Selamat mencoba.