• Novi Amaliyah

Cara Praktis Membuat Kaldu Ayam


Alih-alih menggunakan kaldu ayam blok maupun bumbu penyedap rasa, kamu bisa membuat aneka masakanmu jadi lebih sedap dan istimewa dengan tambah kaldu ayam home made. Kuah kaldu ayam sangat fleksibel digunakan pada masakan. Kaldu ini bisa dibuat untuk kuah sup ayam, saus, untuk memasak nasi agar bercitarasa gurih.

Di restoran maupun hotel selalu memiliki stock beberapa kaldu seperti kaldu ayam, daging maupun seafood. Tak heran jika sajian mereka terasa istimewa tanpa terasa citarasa gurih yang berlebihan.

Kamu bisa membuat kaldu ayam dan menyimpannya di dalam freezer agar lebih tahan lama dan menggunakan secukupnya untuk masakan. Bagaimana cara membuatnya, yuk simak tips praktis membuat kaldu ayam serbaguna. Selamat mencoba.

1. Gunakan bagian leher, punggung, tulang rusuk, sayap ayam dan ceker ayam. Ceker ayam adalah bahan terbaik untuk membuat kaldu ayam karena kaya akan collagen dan tulang rawan dimana semua citarasa ayam lebih terasa dibandingkan bagian lainnya.

2. Selalu mulai dengan air dingin. Ini membantu mengekstrak lebih banyak kolagen, memberi citarasa ayam yang kaya. Dimana bagian ini kaya protein. Jangan heran jika setelah dingin kaldu ayam menjadi mengental.

3. Masak kaldu dengan api kecil, jangan biarkan kaldu mendidih karena akan menghasilkan air kaldu yang keruh.

4. Jangan mengaduk kaldu saat mendidih. Yang perlu dilakukan saat mendidih adalah membuang buihnya, tambahkan air jika dirasa masih kurang.

5. Bisa juga menambahkan daun bawang, seledri, bawang bombai hingga kulit bawang dan sayuran seperti wortel, kentang untuk memberikan aroma pada kaldu ayam.

© 2019 yukmakan channel