• Novi Amaliyah

Cara Praktis Membuat Kaldu Sayur


Selain kaldu yang dibuat dari merebus tulang sapi maupun ayam untuk mengeluarkan saripatinya, kamu juga bisa membuat kaldu dari sayuran. Kuah kaldu dari sayuran juga tak kalah nikmat dan bernutrisi jika dibandingkan dengan kaldu dari tulang.


Kuah kaldu sayuran bisa ditambahkan untuk berbagai olahan makanan mulai dari sup, atau paduan memasak nasi seperti risotto ataupun nasi tim. Kuah kaldu sayuran adalah salah satu bahan wajib pada makanan vegetarian. Selain memberikan memberikan citarasa yang lebih kaya, kuah kaldu sayur juga menambah masakan jadi lebih sedap.


Kamu bisa membuat kuah kaldu sayuran dengan garam maupun sedikit garam, sesuaikan saja dengan selera. Kamu juga bisa memanfaatkan kulit dan sisa sayuran yang kamu suka setelah memasak untuk membuat kaldu sayur. Pastikan sudah mencucinya terlebih dahulu. Kulit wortel, kentang, kulit bawang merah, putih dan bawang merah juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kaldu sayur, sisa kulit sayuran dan ini bisa menambah warna dan citasarasa kaldu yang kamu buat. Tambahkan daun bawang, seledri, jamur, lada dan juga pasta tomat untuk menambah citarasa jadi lebih kaya.


Kunci membuat kaldu adalah cara dan waktu memasak, untuk mengeluarkan saripati dari sayur maupun tulang caranya adalah menggunakan api kecil saat memasak. Kemudian lama waktu memasak, untuk membuat kaldu sayur minimal masak dengan api kecil selama 1,5 hingga 2 jam untuk mendapatkan citarasa terbaik dari sayuran. Setelah itu dinginkan, kaldu sayuran ini tahan 3-4 hari di lemari pendingin dan 3 bulan di dalam freezer.