• Maria Yuliana Kusrini

Cara Tepat Mengocok Putih Telur Menurut Sisca Soewitomo



Banyak hal yang harus diperhatikan ketika sedang membuat kue. Salah satunya ketika sedang membuat kue ialah proses pencampuran adonan yang memadukan berbagai bahan seperti tepung, gula, telur, mentega, dan lainnya hingga proses pemanggangannya. Berbagai proses itu pun, meski simpel ternyata memang harus benar-benar diperhatikan agar nantinya mencapai hasil terbaik.


Hal tergampang sekali pun, ternyata jika tidak dilakukan kurang tepat akan menghasilkan produk yang kurang maksimal. Misalnya saja saat mengocok putih telur. Bisa dikatakan mengocok putih telur menjadi sebuah proses yang sangat simpel dan gampang untuk dilakukan. Namun, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses itu. Pakar kuliner ternama, Sisca Soewitomo pun tidak ragu memberikan beberapa bocoran yang tepat untuk mengocok putih telur.


Ada 4 hal yang yang perlu diperhatikan menurut Sisca Soewitomo, yakni:

1. Pastikan wadah bersih dan kering, tidak ada sisa minyak atau lemak.

2. Pastikan putih telur dalam keadaan suhu ruangan, tidak dalam konsisi dingin atau baru keluar dari lemari es.

3. Kocok putih telur dengan 2 sendok makan gula pasir halus dan tambahkan cream of tartar.

4. Saat mengocok menggunakan mixer, gunakan kecepatan maksimum dan jangan berhenti sebelum adonan menjadi kaku. Untuk mengetahuinya, ambil sedikit adonan putih telur tersebut. Apabila bisa berbentuk runcing dan tidak goyang, maka itu berarti adonan sudah kaku.


Dengan mengikuti arahan dan tips dari pakar kuliner yang sudah banyak memiliki buku resep itu, kiranya hasil kocokan putih telur pun menjadi lebih maksimal. Dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, selamat mencoba.


Foto: Dok. Istimewa

© 2019 yukmakan channel