• Novi Amaliyah

Cheese Tea, Minuman Dari Taiwan Selain Boba Yang Populer di Indonesia


Cheese Tea, salah satu minuman khas Taiwan favorit yang populer
Cheese Tea, salah satu minuman khas Taiwan favorit yang populer di Indonesia

Cheese Tea, teh dengan paduan saus keju satu ini menjadi salah satu minuman populer khas Taiwan selain boba. Citarasa minuman satu ini paduan manis dan gurih sekilas mirip dengan boba yang populer di Taiwan dan juga banyak negara di Asia lainnya. Minuman yang lebih nikmat saat disajikan dingin biasanya dibuat dari seduhan teh hijau atau hitam serta paduan susu atau tanpa susu, tak ketinggalan aneka topping seperti whipped cream, susu, garam laut, saus karamel, garam laut dan masih banyak lainnya untuk menambah citarasa. Belum lagi varian brulee yang memberikan sensasi gula karamel layaknya cream brulee yang nikmat.


Asal Usul Cheese Tea Cheese Tea muncul di pasar malam Taiwan sekitar tahun 2010 dan popularitasnya dengan cepat menyebar sejak saat itu. Tak hanya di Asia Cheese Tea dan Boba menjadi minuman yang populer di Amerika Serikat dan benua Eropa. Tak hanya menggunakan keju dan cream cheese, cheese tea versi Taiwan juga menggunakan keju bubuk yang dicampur dengan whipped cream. Whipped cream digunakan untuk mendapatkan berbusa di atas es green tea atau teh hitam. Minuman Cheese Tea juga biasanya ada yang menambahka garam laut sehingga menciptakan paduan manis, asin dan gurih yang nikmat.


Tak hanya menjadi minuman kaki lima yang laris manis, Cheese Tea juga menjadi salah satu minuman kelas atas ketika dibuat di provinsi Guangdong di Cina pada tahun 2012. Di sana, keju bubuk diganti dengan cream cheese, yang dipadukan dengan susu untuk menciptakan buih lapisan keju yang tebal dan lembut saat disesap seperti busa pada latte atau cappuccino. Cheese Tea nikmat saat disajikan dingin, tidak seperti boba yang menggunakan sedotan khusus, gelas saji Cheese Tea memiliki lubang khusus untuk mendapatkan sensasi paduan teh dan keju bersamaan saat disesap. Kepopuleran Cheese Tea dan Boba di Indonesia menjadikan munculnya gerai minuman yang menyajikan minuman ini sebagai andalan. Biasanya gerai yang menyajikan minuman Cheese Tea juga menyajikan pilihan minuman yang menggunakan aneka potongan buah segar sebagai pilihan untuk mereka yang lebih suka varian fruity. Kalau kamu lebih suka yang mana nih?