• Maria Yuliana Kusrini

Ciri-ciri Bumbu Tabur Berkualitas

Beberapa makanan akan terasa lebih enak jika ditambah dengan bumbu tabur dengan rasa favorit kita. Sebut saja keripik singkong, kentang goreng, cimol, kerupuk, dan berbagai makanan lainnya. Begitu praktisnya penggunaan bumbu tabur ini dan efeknya yang bisa langsung melezatkan makanan, sehingga banyak dijual di pasaran.

Untuk itu, kita wajib mengerti dan paham dalam memilih bumbu tabur yang berkualitas sekaligus aman untuk dikonsumsi. Nah berikut ini beberapa ciri-ciri bumbu tabur yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.


1. Serbuk atau tekstur partikel bumbunya halus

Jika perhatian dari segi tampilan atau tekstur serbuknya, hendaknya pilih yang halus. Bumbu tabur berkualitas bagus memiliki butiran yang halus dan kering, sehingga ketika akan digunakan lebih mudah menempel pada makanan dan tidak mudah rontok.


2. Bahan bakunya berkualitas

Sudah menjadi rahasia umum, jika produk berkualitas sudah pasti dibuat dengan bahan baku yang juga berkualitas. Hal itu bisa dilihat dari produsen atau perusahaan yang membuatnya. Bisa dicek pada standar kesehatan atau sertifikat yang dimiliki pada brand atau perusahaan yang menaunginya.

3. Pewarna bumbu

Bumbu tabur yang menggunakan pewarna dengan standard food grade, saat dimakan warna bumbunya tidak akan menempel pada tangan, lidah, atau mulut. Bumbu tabur seperti ini aman untuk dikonsumsi. Harus waspada pada jenis bumbu tabur yang warnanya akan menempel di tangan ataupun lidah ssaat dimakan.


4. Rasa dan aroma

Makanan ringan atau snack yang menggunakan bumbu tabur berkualitas baik, akan memiliki rasa dan aroma yang tidak akan berubah. Tapi tentunya dengan cara penyimpanan yang tepat dan baik.

© 2019 yukmakan channel