• Novi Amaliyah

Cita Rasa Peranakan Dan Jepang Favorit Andien Aisyah


Sebagai seorang penyanyi, tak hanya menjaga kualitas vokalnya agar tetap prima Andien juga menerapkan pola makan sehat seimbang untuk tetap fit. Pola makan seimbang ini meliputi konsumsi sayuran, protein, dan karbohidrat dengan komposisi seimbang. Tak hanya itu, Andien juga aktif melakukan aktivitas olahraga.

Untuk karbohidrat penyanyi bernama lengkap Andini Aisyah Haryadi ini sejak tahun 2009 tidak mengonsumi nasi putih. Kebutuhan karbohidratnya diganti dengan sumber karbohidrat lain seperti ubi, kentang singkong, nasi merah atau roti gandum. “Dari tahun 2009 saya sudah tidak makan nasi putih, ini karena ingin membatasi asupan gula. Nasi putih mengandung gula yang tinggi,” jelas Andien.

Penyanyi yang dikenal fashionable ini juga terbiasa membawa bekal makanan sendiri jika harus melakukan aktivitas di luar rumah bahkan tak lupa juga untuk anaknya Kawa. “Yang penting dari makanan adalah asupan gizi yang masuk. Pola makan sehat sebisa mungkin diterapkan secara konsisten,” tambah wanita kelahiran 25 Agustus 1985. Meski menerapkan pola makan sehat, Andien tetap menikmati hobi kulinernya di waktu-waktu tertentu untuk memanjakan diri.

Cita rasa peranakan menjadi favorit penyanyi jazz jebolan Elfa Music Studio. Cita rasa peranakan yang kaya rasa karena perpaduan cita rasa oriental Tionghoa dan Melayu yang kaya rempah. Akulturasi budaya ini menciptakan sajian kuliner dengan cita rasa baru yang istimewa. Beberapa sajian peranakan yang populer di Indonesia antara lain Laksa, biasanya berisi mie dengan kuah santan pekat yang terbuat dari santan kelapa dengan paduan susu serta bumbu dan rempah. Untuk topping biasanya laksa disajikan dengan udang, ayam, telur dan tahu. Bagi pecinta seafood, udang masak lemak nanas bisa menjadi salah satu sajian peranakan yang dipilih. Nanas memberikan cita rasa yang segar pada sajian peranakan satu ini.

Selain cita rasa peranakan ibu satu orang anak ini juga pecinta sajian Jepang. Berbeda dengan sajian peranakan yang kaya cita rasa, sajian Jepang lebih menawarkan cita rasa kesegaran bahan baku yang digunakan dalam sajian. Seperti kesegaran ikan untuk pembuatan sushi maupun sashimi. Salah satu sajian Jepang favorit Andien adalah Chawan Musi menjadi menu favoritnya, bahkan setiap pagi asisten rumah tangganya selalu membuat menu satu ini.

Chawan Musi merupakan salah satu sajian Jepang yang terbuat dari telur dengan paduan, daging ayam, jamur, kaldu ayam dan potongan daun bawang yang kemudian dikukus hingga matang. Tekstur sajian ini lembut dan meleleh dimulut karena paduan telur dengan kuah kaldu ayam yang kaya. Selain mudah dibuat dan kaya nutrisi, sajian satu ini juga kaya akan protein. Telur memang menjadi salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi Andien selain steak untuk memenuhi kebutuhan proteinnya sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan seratnya Andien juga mengonsumsi salad dan sayuran tumis seperti Cap Cay.

Untuk sajian manis, Andien lebih memilih jajanan pasar sebagi salah favoritnya. “Saya memang membatasi konsumsi gula tapi ada waktu dimana untuk memanjakan diri, salah satunya dengan jajan pasar. Jajan pasar selalu menjadi nomor satu buat saya. Saya lebih pilih jajan pasar dari pada cake,” ungkapnya.

Biasanya dalam seminggu maksimal 3 kali untuk Andien menikmati jajanan pasar favoritnya. Serabi dengan kuah kinca, serabi solo, klepon, nagasari, risoles, putu mayang, putu, getuk, cenil, dan sederet jajanan pasar lainnya menjadi jajan pasar favoritnya. “Semua jajanan pasar saya suka, apalagi serabi kuah kinca, bisa makan sampai tiga buah,” tambahnya.

© 2019 yukmakan channel