• Novi Amaliyah

Coba Manfaat Kesehatan Susu Gandum



Untuk kamu yang memiliki masalah lactose intolerant dimana sebuah kondisi tubuh ketika tidak dapat mencerna laktosa, yakni bentuk gula yang terdapat dalam susu dan produk turunannya. Tetapi kamu juga ingin menambahkan citarasa creamy untuk kopi, cokelat atau semangkuk granola dengan aneka potongan buah segar untuk sarapan.

Selain susu dari kacang kini kamu bisa mencoba susu dari gandum, minuman satu ini bisa menjadi alternatif susu yang sehat, lezat juga ramah lingkungan. Susu gandum bermula dari pencarian pengganti susu non dairy.

Susu ini terbuat dari steel-cut oat atau gandum yang direndam dengan air yang kemudian dicampur, dihancurkan kemudian disaring menggunakan saringan untuk membuat susu kacang khusus. Hasilnya akan didapatkan susu gandum yang lembut dan creamy. Susu gandum juga telah digembar-gemborkan sebagai salah satu susu yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan alternatif susu nabati lainnya. Sebagai perbandingan, kacang almond membutuhkan hampir enam kali lebih banyak air untuk tumbuh daripada gandum, belum lagi proses yang diperlukan untuk mencairkannya.


Susu gandum tidak hanya menyediakan pengganti yang lezat untuk susu berbasis sapi dalam makanan dan minuman, tetapi gandum juga dikemas sebagai makanan yang bergizi dan merupakan sumber vitamin dan mineral berikut.Apa saja, yuk simak manfaat dari susu gandum.

1. Oat dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya serat, terutama beta-glukan dimana yang dikaitkan dengan peningkatan imunitas, kesehatan usus, dan kesehatan jantung. Satu studi terhadap pria dengan hiperkolesterolemia sedang ditemukan bahwa dengan minum sekitar 3 cangkir (750 ml) susu gandum setiap hari selama 5 minggu dapat mengurangi kolesterol darah total sebesar 3% dan kolesterol LDL "buruk" sebesar 5%.

2. Dengan begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam oat, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi oat atau gandum. Diantaranya adalah konsumsi gandum dapat meningkatkan suasana hati, menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, dan dapat membantu mencegah Diabetes Tipe 2.

3. Selain bisa dibuat sendiri di rumah, saat ini susu gandum bisa dijumpai di supermarket-supermarket dengan mudah. Biasanya susu gandum komersial juga diperkaya dengan vitamin A, D, B2, dan B12, dan ditambahkan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.


© 2019 yukmakan channel