• Maria Yuliana Kusrini

Coto Berkuah Putih nan Gurih di Coto Daeng Sirua

Di Kota Makassar, ada banyak tempat makan yang menghadirkan coto bercitarasa sedap. Salah satunya yang bisa didatangi adalah tempat makan bernama Coto Daeng Sirua asuhan Hj. Singara. Telah berdiri lebih dari 30 tahun lamanya, restoran ini menyuguhkan coto berkuah putih.


Coto Daeng Sirua yang menggunakan nama sesuai nama lokasi jalan tempatnya berdiri, ini memang menyuguhkan coto yang sedikit berbeda dengan coto Makassar pada umumnya. Coto di tempat ini tidak berwarna coklat gelap melainkan putih karena menggunakan kuah santan atau susu. Citarasa gurih langsung tercecap pada suapan pertama. Kenikmatan itu pun makin sempurna dengan isian berupa potongan daging sapi nan empuk bertabur potongan daun bawang dan bawang goreng.

Selain bisa pesan dengan isian daging, juga bisa memesan coto campur dengan aneka jerohan. Mulai dari paru, kikil, lidah, usus, dan lainnya. Tersaji dalam mangkok berukuran mungil, kelezatan coto ini bisa dinikmati bersama buras atau ketupat yang tersedia di meja. Berbagai kondimennya pun juga ada di setiap meja, mulai dari jeruk nipis, sambal, kecap manis, hingga garam.

Telah berdiri puluhan tahun lamanya, Coto Daeng Sirua ini pun menjadi salah satu coto legendaris di Makassar. Terlihat, outletnya selalu ramai dijejali pengunjung, khususnya di jam sarapan, makan siang, dan tentu saja saat makan malam. Seporsi soto putih berkuah gurih ini pun ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat.


Coto Daeng Sirua

Jl. Abdullah Daeng Sirua No. 10, Masale, Panakkukang, Makassar

082346524111

© 2019 yukmakan channel