• Novi Amaliyah

Dashi, Kuah Kaldu Jepang yang Serbaguna


Ada banyak sajian yang menggunakan kuah kaldu sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat sajian yang nikmat. Kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu seafood maupun kaldu yang terbuat dari sayuran dan jamur. Jepang punya dashi, kaldu yang menjadi bahan dasar dari banyak sajian khas Jepang.


Sederhananya, kaldu dashi adalah kumpulan kaldu yang terdiri dari paduan makanan kaya umami seperti serpihan ikan bonito, kombu kering (rumput laut), jamur shiitake kering, dan ikan sarden utuh kering. Dashi menjadi salah satu kaldu dasar esensial dalam masakan Jepang dan bahan dasar dalam sup miso, nabe (hidangan hot pot), dan hidangan mie udon dan ramen.


Mempersiapkan dashi biasanya merupakan pekerjaan penuh cinta karena membutuhkan waktu. Bahan baku untuk membuat dashi biasanya perlu direndam untuk mendapatkan citarasa yang maksimal. Prosesnya tidaklah sulit, dan tidak memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan membuat kaldu ayam sendiri. Paduan bahan-bahan untuk membuat dashi menciptakan lapisan dasar rasa yang nikmat pada sajian akhir. Selain sebagai kaldu yang serbaguna, dashi adalah sumber kalsium dan zat besi yang bermanfaat serta vitamin A dan C.