• Novi Amaliyah

Ebi Furai Dengan Saus Tartar


Bahan

12 pcs Udang Pancet

32 gr Tepung Serbaguna

1 btr Telur, kocok lepas

120 gr Tepung Panko

Minyak untuk menggoreng


Tartar Sauce

1 btr Telur ukuran besar, rebus kemudian iris-iris halus

30 gr Bawang Bombai, haluskan

30 gr Pickles, haluskan

60 gr Mayonnaisse

Garam

Lada Hitam

50 gr Kol, rajang halus (optional)


Cara membuat

  1. Bersihkan udang, buang bagian kepala dan sisakan ekornya. Kerat bagian belakang udang untuk mengeluarkan bagian hitam, gunakan tusuk gigi untuk mengangkatnya.

  2. Buat beberapa sayatan di sisi perut udang dan tekan perlahan bagian belakang udang untuk meluruskannya. Ini akan mencegah udang menggulung saat dimasak dan membuatnya tetap lurus saat digoreng.

  3. Lap udang dengan tisu dapur.

  4. Siapkan tiga piring kemudian masukkan tepung di piring pertama, telur kocok di piring kedua, dan remah roti panko di piring terakhir. Pastikan untuk menambahkan sedikit garam dan lada hitam ke tepung, ini akan membantu menambah rasa pada ebi furai.

  5. Pertama, lumuri udang dengan tepung terigu. Kemudian, celupkan udang yang sudah dilapisi tepung ke dalam kocokan telur. Terakhir, masukkan udang ke dalam tepung panko. Pastikan udang terbalut seluruhnya dengan tepung panko.

  6. Panaskan minyak hingga sekitar 171 derajat. Siapkan piring besar atau piring yang dialasi dengan tisu untuk mengeringkan udang setelah digoreng.

  7. Goreng udang yang sudah dilapisi tepung roti sampai berwarna cokelat, balik sekali, sebelum diangkat.

  8. Buat saus tartar dengan mencampur telur rebus cincang halus, bawang cincang dan acar, dan mayones bersama-sama dalam mangkuk kecil. Bumbui sesuai selera dengan menambahkan garam dan merica.

  9. Sajikan Ebi Furai dengan saus tartar di sampingnya dan kol yang diparut halus.