• Maria Yuliana Kusrini

Eggless Cake Pops


Bahan:

200 gr Dark Chocolate Compound

200 gr Gula Pasir

187 gr Tepung Terigu

50 gr Vegetable Ganache

50 gr Sprinkle

50 gr White Chocolate Compound

16 gr Bubuk Cokelat Tanpa Gula

5 gr Baking Soda

3 gr Garam

237 ml Air

74 ml Minyak Sayur

1 sdt Ekstrak Vanila

Cara Membuat:

1. Untuk membuat Eggless Chocolate Spongenya, panaskan oven dengan temperatur 180°C. Siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti agar tidak lengket. Ayak tepung terigu dan 16 gr bubuk cokelat, kemudian masukkan dalam mangkok besar. Masukkan baking soda, gula pasir, dan garam ke dalam mangkok. Aduk hingga semuanya teraduk dengan rata, pastikan tidak ada adonan yang belum teraduk dengan rata. Tambahkan minyak, ekstrak vanilla, dan air ke dalam adonan hingga seluruh adonan tercampur sempurna. Letakkan dalam loyang, kemudian panggang dalam oven selama 30 menit. Dinginkan.

2. Hancurkan sponge cake yang sudah dingin serta vegetable ganache hingga menjadi remah-remah, bisa menggunakan tangan ataupun mixer. Pastikan semuanya menjadi remah-remah.

3. Bentuk remahan menjadi bulatan dan tidak mudah hancur. Celupkan bulatkan ke dalam dark chocolate compound. Bungkus dalam alumunium foil kemudian masukkan cake ball dalam frezer selama 10 menit atau sampai bulatan cokelat mengeras.

4. Lelehkan sebagian cokelat di mangkok khusus, celupkan stik lollipop ke dalam cokelat yang sudah cair, kemudian masukkan dalam cake ball. Celupkan cake ball ke dalam lelehan cokelat, diamkan sampai cokelat mengeras. Lalu hias dengan menggunakan sprinkle ataupun white chocolate compound.


Foto: Dok. Istimewa

© 2019 yukmakan channel