top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Eggless Moist Chocolate Cake


Bahan:

400 gr Dark Chocolate Chips/Bar, hancurkan

200 gr Gula Pasir

187 gr Tepung Terigu

36 gr Bubuk Cokelat Tanpa Gula

5 gr Baking Soda

3 gr Garam

237 ml Air

437 ml Whipping Cream

74 ml Minyak Sayur

1 sdt Ekstrak Vanila

Cara Membuat:

1. Untuk membuat Eggless Chocolate Spongenya, panaskan oven dengan temperature 180° C. siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti agar tidak lengket. Ayak tepung terigu dan 16 gr bubuk cokelat, kemudian masukkan dalam mangkok besar. Masukkan baking soda, gula pasir, dan garam ke dalam mangkok. Aduk hingga semuanya teraduk dengan rata. Pastikan tidak ada adonan yang belum teraduk dengan rata. Tambahkan minyak, ekstrak vanilla, dan air ke dalam adonan hingga seluruh adonan tercampur sempurna. Letakkan dalam loyang, kemudian panggang dalam oven selama 30 menit.

2. Untuk membuat krim cokelatnya, campurkan 200 gr whipping cream dan 20 gr bubuk cokelat. aduk keduanya hingga mengembang dan terasa lembut.

3. Untuk membuat vegetarian chocolate ganachenya, campurkan dark chocolate bar/chips yang sudah dihancurkan dengan 237 whipping cream, pastikan cokelatnya sudah hancur hingga berukuran kecil. Letakkan campuran bahan ini ke dalam mangkok khusus kemudian masukkan dalam microwave selama 1 menit.

4. Lapisi sponge cake dengan menggunakan krim cokelat kemudian tambahi dengan vegetarian chocolate ganache. Cake pun siap untuk disajikan.

bottom of page