• Maria Yuliana Kusrini

Family Weekend Edisi Pahlawan Diluncurkan McDonald's Indonesia

Tepat di Hari Pahlawan, tanggal 10 November 2021, McDonald’s (McD) Indonesia meluncurkan Paket Family Weekend edisi Pahlawan. Hal ini dihadirkan sebagai salah satu inisiatif dari McD untuk mendorong para generasi muda Indonesia agar lebih mengenal para pahlawan nasional di Tanah Air.


Sesuai dengan namanya, paket istimewa ini bisa dinikmati untuk anggota keluarga. Di dalam paketnya tentu sangat lengkap untuk bisa dinikmati. Isian dari paket ini terdiri dari nasi putih, ayam goreng, minuman soda, es krim, dan juga paket Happy Meal yang jadi favorit anak-anak. Khusus untuk edisi Pahlawan kali ini, turut dihadirkan seri figur 3D kertas pahlawan nasional Indonesia.



Figur 3D kertas ini dihadirkan dengan bentuk 6 pahlawan Nasional. Keenam pahlawan itu antara lain Jenderal Soedirman, Dewi Sartika, Frans Kaisiepo, H.O.S. Tjokroaminoto, H.R. Rasuna Said, dan Bung Tomo. Paket Family Weekend edisi Pahlawan ini dihadirkan dalam tiga seri dengan periode waktu berbeda. Untuk seri 1 terdapat toko Dewi Sartika dan Jendral Soedirman yang dihadirkan mulai 10 November 2021. Seri 2 hadir di tanggal 24 November 2021 dengan tokoh Frans Kaisiepo dan H.O.S. Tjokroaminoto. Dan yang terakhir atau seri 3 memunculkan tokoh Bung Tomo dan H.R. Rasuna Said di tanggal 8 Desember 2021.



Selain terdapat figur 3D kertas tokoh pahlawan, juga ada kartu pengenalan tokoh pahlawan yang dilengkapi dengan kode QR untuk mendapatkan akses mendengarkan kisah kepahlawanan masing-masing tokoh pahlawan nasional itu. Untuk lebih meramaikan lagi, diadakan pula digital activity berupa kompetisi 'bercerita tokoh pahlawan nasional' yang menjadi inspirasi melalui hashtag #PahlawankuInspirasiku.


“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang peduli tentang pentingnya sejarah, kami ingin mengambil peran aktif dalam membantu mengenalkan para pahlawan Indonesia yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak yang dapat dilakukan bersama keluarga karena kami meyakini bahwa dengan menghargai jasa para pahlawan, kita akan menjadi bangsa yang besar. Kami juga berharap, melalui kegiatan ini kami dapat memberikan kontribusi dalam mengenalkan pahlawan nasional Indonesia pada generasi muda,” ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia.


Tak hanya itu saja, McD juga memberikan apresiasi kepada para guru yang dianggap sebagai sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Guru juga dinilai sebagai figur yang dapat memperkenalkan tokoh pahlawan nasional kepada anak didiknya, khususnya generasi muda. Apresiasi ini dilakukan McD dengan cara mengadakan storytelling workshop dan McClassroom untuk para guru.