• Novi Amaliyah

Foie Gras, Salah Satu Kekayaan Kuliner Prancis



Foie gras, kamu pasti sudah pernah mendengar tentang salah satu kekayaan kuliner Prancis yang terkenal lezat ini. Foie Gras juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang mahal di dunia. Foie Gras adalah hati angsa, beberapa ada yang sering keliru dengan pâté de foie gras, olesan lembut yang terbuat dari foie gras dan anggur putih. Namun, istilah foie gras mengacu pada keseluruhan hati yang utuh.


Bentuk Foie Gras berlemak dengan citarasa yang kaya dengan tekstur halus dan lembut serta aroma gurih seperti butter. Biasanya sajian ini disiapkan dengan berbagai cara, tetapi paling sering disajikan sebagai olesan untuk roti atau biskuit.


Meski Foie Gras tinggi lemak, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, karena hati berfungsi sebagai organ penyimpan banyak nutrisi. Informasi gizi untuk 28 gram pâté de foie gras, yang dibuat dengan sedikit anggur putih, mengandung vitamin B12 senilai lebih dari kebutuhan untuk tubuh lebih dari satu hari, nutrisi penting yang membantu tubuh membangun sel darah merah yang sehat dan mempertahankan tingkat energi. Foie gras juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang membantu mencegah masalah penglihatan dan meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat di seluruh tubuh. Foie Gras juga mengandung mineral tembaga dan zat besi. Seperti vitamin B12, tembaga dan zat besi penting dalam metabolisme energi dan produksi sel darah merah yang sehat.


Foie Gras, tinggi akan kalori dan lemak. Konon, lemak dalam Foie Gras merupakan kombinasi yang sehat dari lemak tak jenuh dan jenuh. Sebagian besar lemak dalam Foie Gras adalah lemak tak jenuh tunggal, yang dipercaya memiliki fungsi anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sumber kaya lemak tak jenuh tunggal lainnya adalah minyak zaitun.


Ditambah lagi, lemak jenuh dalam Foie Gras tidak berbahaya seperti dulu dianggap. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lemak jenuh lebih tinggi dapat dimasukkan sebagai bagian dari diet seimbang. Karena kandungan lemaknya yang tinggi, Foie Gras juga mengenyangkan. Ini dapat membantu mengatur asupan lemak yang dibutuhkan , yang penting jadi pertimbangan adalah kalorinya yang tinggi.

© 2019 yukmakan channel