• Novi Amaliyah

Galette Des Rois, Cake Raja Khas Perancis Yang Nikmat


Perancis adalah salah satu negara dengan kekayaan gastronomi yang spektakuler. Mereka mencatat berbagai macam teknik memasak yang sudah dipakai sejak ribuan tahun dan menjadi warisan turun temurun.


Tak heran Perancis menjadi salah satu negara kiblat dunia kuliner, tak terhitung sudah jumlahnya Chef kaliber dunia yang berasal dari Perancis. Tak terkecuali sajian kuliner dan kudapan manis khas Perancis yang nikmat dan lezat.


Orang Perancis punya banyak hari khusus untuk menikmati beberapa makanan seperti di tahun ini setiap 12 hari setelah Natal Galette Des Rois atau Cake King adalah salah satu cake wajib yang akan mewarnai berbagai cake shop maupun rumah di Perancis untuk merayakan hari Epiphany. Hari di mana untuk mengingat kedatangan Tiga Raja kepada bayi Yesus 12 hari setelah Natal. Di Prancis, tanggal resminya adalah 6 Januari pada tahun 2021 ini. Namun, galette des rois biasanya dimakan pada hari Minggu pertama di bulan Januari, atau hari Minggu terdekat dengan Epiphany.


Asal muasal tradisi galettes masih diperdebatkan, tetapi beberapa mengatakan, terlepas dari asosiasi Kristen. Konon suguhan itu sebenarnya berasal dari festival Romawi Saturnales, yang merupakan festival tujuh hari yang mencakup dibuatnya kue emas berbentuk bundar yang dipanggang agar terlihat seperti matahari. Kata Epiphany dikatakan berasal dari kata Yunani untuk “penampakan”, mengacu pada persembahan Yesus kepada Tiga Raja.


Lebih dari 32 juta galettes des rois dimakan setiap tahun di Prancis, berdasarkan polling seperti dilansir dari Connexion France ditemukan bahwa 94% orang menikmati galette setidaknya sekali dalam setahun. Jenis galette yang paling umum dibuat dengan butter dan krim manis dengan paduan bubuk kacang almond atau yang dikenal sebagai frangipane. Beberapa ada yang menampilkan dekorasi kue di atasnya, beberapa dibuat dengan adonan brioche, sementara yang lain memiliki lubang di tengah dan dihiasi dengan buah aneka warna. Atau juga dengan adonan lapisan puff pastry yang dibuat bundar dengan isian frangipane.


Sepertiga orang Prancis lebih suka membeli galette tradisional mereka dari supermarket karena harganya yang kompetitif, sedangkan sisanya biasanya lebih suka pergi ke toko roti. Toko roti di Prancis hanya diizinkan menjual cake ini selama bulan Januari. Beberapa lebih memilih galette klasik tradisional dengan citarasa kacang almond yang pekat.

Di Perancis biasanya meletakan hadiah kecil berupa figurine yang terbuat dari plastik atau porcelain yang disebut Le Feve ada juga yang menggantinya dengan kacang di dalam Galette Des Rois. Mereka yang beruntung menemukan fève berhak menjadi "raja" atau "ratu" di malam hari dan memakai mahkota kertas emas yang terdapat di atas cake.

Foto: Dok.Getty Images