• Novi Amaliyah

Gelatin Bisa Jernihkan Kembali Minyak Goreng

Orang Indonesia memang dikenal dengan kecintaannya pada gorengan. Minyak goreng bisa dibilang menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan sehari-hari di dapur orang Indonesia. Tak hanya di dapur, aneka makanan olahan yang digoreng juga mudah ditemui dalam kuliner Indonesia yang dijajakan sebagai street food.


Untuk menghemat biasanya ibu-ibu menggunakan kembali minyak goreng yang sudah dipakai. Biasanya minyak goreng menjadi keruh dengan banyak remahan yang tersisa setelah digunakan untuk menggoreng. Menggunakan saringan untuk menyaring remahan sisa makanan pasti sudah biasa bukan. Ternyata ada cara lain untuk menjernihkan kembali minyak goreng yang sudah dipakai. Kamu bisa memanfaatkan gelatin yang biasa digunakan sebagai campuran saat membuat mousse cake.


Berikut ini cara menjernihkan minyak goreng yang dapat dilakukan dengan menggunakan gelatin.

1. Larutkan satu sendok teh gelatin bubuk ke dalam setengah cangkir air mendidih, lalu aduk hingga merata.

2. Kemudian tuang gelatin itu ke dalam minyak yang akan dijernihkan.

3. Kemudian simpan dalam lemari pendingin agar gelatin mengeras. Ketika gelatin itu mengeras, maka semua remahan yang tersisa dalam minyak goreng akan terikat dan mengeras bersama gelatin. Yang tersisa tinggal minyak goreng bersih yang bisa digunakan kembali dan siap dipakai.

4. Sebelum digunakan untuk menggoreng, biasa akan terjadi gelembung-gelembung sisa air saat minyak dipanaskan.

Ide menggunakan gelatin untuk menjernihkan kembali minyak goreng ini tercetus dalam blog Dave Arnold sebagai seorang pendiri dan president The Museum of Food and Drink (MOFAD) di New York. Dimana dijelaskan, gelatin adalah protein yang membentuk matriks mirip web yang saling berhubungan ketika dilarutkan dalam air. Gelatin tidak hanya memberikan struktur air tetapi juga dapat menangguhkan padatan terlarut dan tidak larut lainnya dalam matriksnya.


Selain bisa diaplikasikan untuk menjernihkan kembali minyak goreng, gelatin juga bisa digunakan untuk menjernihkan kuah kaldu yang keruh. Caranya adalah dengan membekukan kuah kaldu yang sudah ditambahkan dengan gelatin. Kemudian perlahan biarkan mencair dalam saringan atau dibungkus kain katun tipis. Saat mencair, jaringan protein gelatin yang saling berhubungan menjebak kotoran, sehingga hasilnya kuah kaldu yang bening namun tetap bercitarasa.


Foto: Dok. Istimewa

© 2019 yukmakan channel