• Novi Amaliyah

Gianduia, Selai Cokelat Hazelnut Italia Cikal Bakal Nutella


Kamu salah satu pecinta Nutella? Tahukah kamu sebelum Nutella menjadi selai cokelat dengan paduan kacang hazelnut menjadi populer, di Italia ada gianduia yang bercitarasa mirip Nutella namun lebih pekat dan gurih karena paduan kacang hazelnut yang melimpah.


Gianduia adalah selai cokelat dengan paduan kacang hazelnut khas Italia yang dibuat dari kacang hazelnut panggang yang digiling menjadi pasta, kemudian dicampur dengan dark chocolate, butter dan krim. Sekilas mirip dengan chocolate ganache, yang terbuat dari paduan cokelat leleh, krim kental dan terkadang ditambah butter dan telur tetapi diganti dengan pasta kacang hazelnut.


Gianduia berasal dari wilayah Piedmont di Italia dan sudah menjadi kudapan manis sejak awal abad ke-19. Selama perang Napoleon, pembuat selai cokelat Piedmont mengalami kelangkaan kakao dan gula yang didatangkan dari Inggris, karena berbagai blokade yang dilakukan oleh Napoleon saat itu. Sebagai pengganti pembuat gianduia menambahkan pasta hazelnut ke dalam selai coklat buatan sebagai campuran.


Pada versi paling awal, gianduia dibentuk menjadi bola atau potongan yang disebut gianduiotti sebelum menjadi selai cokelat oles seperti yang kita kenal saat ini. Beberapa versi gianduia dibuat juga dengan pasta almond, bukan hazelnut, dan tersedia dalam berbagai variasi cokelat yang pekat dan cokelat susu dengan citarasa lebih ringan dan creamy.


Seperti Nutella, gianduia memiliki berbagai macam kegunaan, termasuk dioleskan pada roti panggang, croissant, atau baguette, cakes,aneka buah potong, atau bahkan dinikmati langsung. Kamu juga bisa mengencerkannya dengan krim tambahan untuk membuat frosting atau isian seperti ganache, atau digunakan untuk membuat mousse, gelato, atau bahkan chocolate truffle. Dan seperti Nutella, gianduia juga bisa digunakan sebagai untuk crepes dan aneka jenis kue kering.


Gianduia memiliki rasa yang kaya dan pekat dengan citarasa dark chocolate yang kompleks, paduan kacang, dengan tekstur yang lembut dan sedikit kasar. Sebagai perbandingan, Nutella, dibuat dengan cokelat, lemak dan sekitar 13 persen hazelnut, sedangkan gianduia mengandung setidaknya 30 persen hazelnut dan terkadang lebih banyak hingga 60% tergantung pada merek dan jenisnya. Hasilnya, Nutella adalah cokelat yang lebih lugas dengan sentuhan akhir seperti kacang, sedangkan gianduia menampilkan profil rasa yang jauh lebih kompleks dengan citarasa kacang yang lebih pekat.