© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Gimbap, Nasi Bungkus Rumput Laut Khas Korea


Gimbap juga kadang-kadang dieja kimbap adalah makanan khas Korea berupa nasi yang dibungkus rumput laut kemudian diisi dan digulung kemudian dipotong-potong. Sekilas Gimbap mirip dengan sushi khas Jepang. Di Korea Gimbap jadi makanan praktis yang dibawa-bawa bepergian seperti piknik, maupun hiking maupun bekal sekolah.


Gimbab bisa berisi berbagai paduan sesuai selera, bisa berisi tuna, alpukat, ayam, udang, dan bulgogi gimbap. Namun Gimbab klasik Korea biasanya berisi stik kepiting, ham, acar lobak, akar burdock rebus, telur, wortel, otak-otak ikan, dan mentimun. Tidak diketahui asal-muasal gimbap. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini diadaptasikan dari sushi Jepang. Namun, faktanya gimbap adalah makanan orang-orang Korea yang murah dan dibuat dari bahan yang sederhana.


Pada buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada zaman Dinasti Joseon, ada makanan yang dinamakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang dibuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering). Bokssam adalah makanan ringan yang dibuat untuk dimakan ketika berpiknik atau sebagai bekal perjalanan.


Di tengah-tengah variasi baru gimbap yang saat ini bermunculan di Korea, terdapat gimbap yang dianggap paling otentik di Korea, yaitu Chungmu Gimbap yang berasal dari Chungmu di pesisir selatan Semenanjung Korea. Chungmu Gimbap dimana hanya berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan dengan kimchi dan cumi-cumi.