• Novi Amaliyah

Granola, Si Renyah Yang Sehat Untuk Sarapan


Sarapan menjadi ritual penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari, selain mampu meningkatkan fungsi kognitif, sarapa juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan resiko penyakit jantung serta meningkatkan energi level untuk beraktivitas. Semua manfaat ini tentu bisa didapat jika kamu mengonsumsi sarapan yang tepat. Salah satunya dengan memilih sumber karbohidrat kompleks, dimana tidak hanya mengenyangkan tapi juga kaya nutrisi seperti granola.


Granola berasal dari bahan yang sama dengan muesli, yakni rolled oat. Biasanya granola yang ditemukan dipasaran saat ini sudah dipadukan dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga buah kering. Bedanya bahan-bahan ini biasanya dipanggang hingga menjadi renyah. Selain renyah, granola memiliki citarasa manis.


Dalam proses pembuatannya ini ditambahkan pemanis. Pada proses pembuatannya juga ditambahkan minyak sebagai perekat bahan-bahannya. Sehingga tekstur granola sedikit menempel dibandingkan dengan muesli yang cenderung seperti serbuk berbulir besar. Granola bisa langsung dimakan tanpa perlu diproses dahulu di rumah. Jenis sereal granola ini tidak seperti muesli atau sereal lainnya yang harus dilarutkan menggunakan susu dan bisa dikonsumsi sebagai camilan. Kamu bisa menambahkan yogurt, potongan buah segar favorit agar menu sarapan granola jadi lebih nikmat.


Tak hanya nikmat dan bernutrisi, si renyah satu ini juga punya banyak manfaat, antara lain mengatasi sembelit dan perut kembung, mencegah makan berlebihan karena kaya serat dan mengenyangkan sehingga mampu membantu untuk menjaga berat badan yang seimbang. Baik untuk pencernaan, mengurangi resiko kanker dan anemia, menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta mempu membantu meningkatkan energi dan kemampuan kognitif tubuh.

© 2019 yukmakan channel