• Maria Yuliana Kusrini

Gurih Berempahnya Kari Ayam Bihun Medan The Sultan Hotel & Residence Jakarta

The Sultan Hotel & Residence Jakarta punya beragam menu istimewa yang siap memanjakan lidah setiap pengunjung yang datang. Salah satu menu unggulannya adalah sajian tradisional khas Indonesia yang bernama Kari Ayam Bihun Medan. Sesuai namanya, olahan ini memang jadi salah satu sajian dari Tanah Medan, Sumatera Utara.


Kari Ayam Bihun Medan menjadikan ayam kampung sebagai bahan utamanya yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah. Proses memasaknya memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mulai dari menghaluskan beberapa bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, dan lainnya kemudian ditumis hingga harum bersama dengan rempah lain seperti kayu manis, bunga lawang, cengkeh, kapulaga, daun kari, hingga sereh. Baru kemudian ayam dimasukkan dan dimasak hingga empuk dan sampai bumbu meresap. Proses masak pun tak berhenti di situ saja, karena masih berlanjut dengan memasukkan santan dan kentang. Ketika kentang empuk dan santan mendidih, barulah diangkat dan disajikan dalam mangkok bersama kondimen lainnya.

Penggunaan berbagai bumbu rempah yang melimpah menjadikan sajian ini punya aroma yang begitu menggoda. Begitu pun dengan rasanya, pada suapan pertama rasa rempah yang khas langsung menjalar ke seluruh lidah. Menciptakan rasa nikmat dan meninggalkan rasa gurih yang pas. Daging ayamnya sendiri punya tekstur yang empuk dengan rasa bumbu yang merasuk sempurna hingga ke bagian dalam dagingnya. Jangan lupa untuk menambahkan kucuran jeruk nipis yang akan membuat menu ini makin spektakuler. Secara keseluruhan, kreasi menu dari Chef Andry Stefanus selaku Executive Chef The Sultan Hotel & Residence Jakarta ini memang begitu lezat dan patut diacungi jempol.


“Kari Ayam Bihun Medan adalah salah satu menu tradisional Indonesia yang difavoritkan di sini. Isiannya adalah ayam kampung, ati ampelanya, bihun, dan kentang yang dimasak dengan aneka rempah. Menu ini disukai tamu karena rasanya kaya akan rempah. Biasanya ayam kampung itu ada punya rasa sedikit amis, jadi ada tipsnya saat mengolah si ayam ini. Setelah dibersihkan dan dicuci, bisa dikasih perasan jeruk nipis atau cuka dan ditambah garam. Diamkan selama lima menit, baru kemudian bisa diolah,” ungkap Chef Andry saat memasak menu Kari Ayam Bihun Medan.

Menikmati semangkok Kari Ayam Bihun Medan hangat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta tentu akan meninggalkan sebuah kesan yang begitu mendalam. Terlebih lagi jika menikmatinya bersama keluarga atau orang-orang terkasih. Jadi, Yukmakaners jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi menu istimewa satu ini ya!

The Sultan Hotel & Residence Jakarta

Jl. Gatot Subroto, Jakarta

021 – 5703600

© 2019 yukmakan channel