• Novi Amaliyah

Hindari 5 Makanan Ini Disimpan Dalam Lemari Pendingin



Di iklim tropis seperti Indonesia menyimpan makanan dan bahan makanan di dalam kulkas atau lemari pendingin seolah menjadi suatu keharusan. Lemari pendingin membantu makanan maupun bahan makanan memiliki menjadi lebih awet lebih lama. Meski begitu ternyata ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam lemari pendingin, karena alih-alih membuat bahan makanan ini lebih awet justru bisa merusaknya. Apa saja bahan makanan yang sebaiknya dihindari disimpan dalam lemari pendingin, yuk simak penjelasan di bawah ini.


Roti

Hindari menyimpan roti dalam lemari pendingin, karena suhu dingin lemari pendigin akan merusak citarasa roti dan menghilangkan kelembapannya. Jika ingin menyimpan roti lebih lama, sebaiknya simpan roti dalam freezer. Bungkus sebelumnya roti menggunakan cling wrap kemudian simpan dalam freezer. Kemudian panggang langsung dari freezer saat roti akan dikonsumsi.

Alpukat

Menyimpan buah satu ini memang susah-susah gampang, sebaiknya saat membeli pastikan permukaan buahnya mulus dan mengkilap. Baiknya membeli yang sudah sedikit empuk sehingga bisa dikonsumsi langsung. Hindari menyimpan alpukat di dalam lemari es karena suhu dingin cenderung merusak tekstur dan rasa buah satu ini. Sebaiknya simpan alpukat dalam suhu ruang yang sejuk. Jika sudah terlanjur memotong alpukat, kamu bisa menyimpan dalam wadah kedap udara kemudian simpan dalam lemari pendingin. Baiknya dikonsumsi dalam jangka waktu satu hari setelah dipotong.

Kentang

Hindari menyimpan kentang dalam lemari pendingin. Suhu dingin cenderung merusak sari pati yang terdapat di dalam kentang serta merusak rasa dan teksturnya. Simpan kentang di tempat bersih yang sejuk dan gelap di dapur. Niscaya kentang akan tahan lebih lama.


Madu

Menyimpan madu di dalam lemari pendingin akan membuat madu menjadi mengkristal, suhu dingin juga akan mengubah konsistensi madu, dari yang halus dan kental menjadi kasar dan akan mengubah citarasa madu. Simpan madu dalam di suhu ruang yang sejuk dan bersih, jangan lupa memastikan tutupnya dengan rapat.


Tomat

Menempatkan tomat di lemari es akan merusak citarasa tomat yang segar. Sebaiknya simpan tomat di tempat yang sejuk dan gelap. Tetapi jika tomat sudah terlalu matang dan khawatir akan menjadi rusak, sebaiknya masak tomat sebagai saus pasta maupun selai. Mengolah dan memasak tomat akan memberikan masa simpannya lebih lama. Kamu juga bisa menambahkan saus tomat buatan sendiri pada masakan kamu.

Foto: Dok.Getty Images


© 2019 yukmakan channel