• Novi Amaliyah

Hindari Membeli 5 Bahan Makanan Ini Dalam Jumlah Besar

Godaan terbesar ketika harus berbelanja di supermarket adalah membeli bahan makanan dalam kemasan besar. Karena biasanya produk dengan kemasan besar ini yang seringkali ditawarkan dengan harga lebih murah. Alih-alih untuk berhemat, membeli bahan makanan dalam kemasan besar terkadang malah akan jadi terbuang sia-sia. Itu karena beberapa bahan makanan tersebut tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Berikut 5 bahan makanan yang sebaiknya dibeli secukupnya untuk mendapatkan kualitas terbaik.


Beras Merah

Beras merah adalah salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Beras merah mengandung banyak vitamin dan kaya serat sehingga baik dikonsumsi untuk yang tengah menjalankan diet. Beras ini juga lebih bergizi dibanding beras putih biasa. Saat berbelanja beras merah, sebaiknya belilah dalam jumlah yang cukup untuk dikonsumi untuk seluruh anggota keluarga. Beras satu ini kaya akan kandungan alami yang mudah rusak, karena itu sebaiknya membeli dalam kondisi yang masih segar dan tidak disimpan terlalu lama. Simpan beras dalam wadah tertutup di tempat yang sejuk, gelap, dan kering agar

kualitasnya tetap terjaga.



Kopi

Jika kamu adalah seorang pecandu kopi, sebaiknya beli secukupnya untuk kebutuhan. Aroma dan citarasa kopi terbaik adalah ketika masih dalam keadaan segar setelah disangrai. Menyimpannya terlalu lama di dapur akan membuat kopi kehilangan citarasa dan aroma terbaiknya.



Tepung

Bahan makanan satu ini juga tergolong dalam bahan makanan yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Tepung mudah sekali berkutu dan berbau apek, apalagi jika penyimpanannya kurang memadai. Sebaiknya belilah tepung terigu dalam jumlah yang cukup agar tidak menjadi sia-sia. Terlalu lama disimpan, terigu akan memiliki aroma apek dan bisa juga berkutu.



Ragi

Sebaiknya hindari membeli ragi dalam jumlah besar, kecuali memang akan sering menggunakannya. Ragi mengandung enzim aktif yang menciptakan karbon dioksida ketika terkena udara lembab. Perhatikan cara yang tepat untuk menyimpannya agar khasiatnya berfungsi dengan baik. Ragi aktif kering bisa berfungsi selama 2-4 bulan melewati tanggal kedaluwarsa tercetak, jika disimpan secara benar. Sedangkan ragi basah bisa tahan selama 1-2 minggu setelah tanggal kedaluwarsa. Begitu ragi dibuka dari kemasan, sebaiknya simpan ragi dalam wadah kaca yang tertutup kemudian simpan dalam lemari pendingin. Jika disimpan di lemari pendingin, ragi kering bisa disimpan selama 4 bulan dan ragi basah 2-3

bulan.



Rempah Bubuk

Menggunakan rempah bubuk memang menjadi langkah praktis saat memasak di dapur. Meski begitu, menyimpan rempah bubuk dalam waktu yang terlalu lama juga akan mempengaruhi aroma dan citarasanya. Beli dan simpan seperlunya saja untuk rempah-rempah yang sering dipakai di dapur, agar masakan yang dimasak juga tetap bercitarasa enak.



Foto.Dok.Istimewa

© 2019 yukmakan channel