• Maria Yuliana Kusrini

Imam Darto Seorang ‘Ayam Goreng Lovers’

Imam Darto mengawali karirnya sebagai penyiar radio dan namanya makin melambung sebagai presenter sebuah acara di TV swasta. Selama ini sosoknya dikenal lucu dan mampu menghidupkan suasana menjadi lebih seru. Dikulik mengenai urusan kulinernya, pemilik nama lengkap Imam Hendarto Sukarno itu pun menceritakannya sambil tetap melucu.


Pria yang kini memiliki 3 orang anak ini mengawali perbincangan dengan makanan yang disukainya sekaligus yang tidak disukainya. “Makanan yang paling disuka itu, makanan gratis tapi mahal. Kalau yang nggak disuka ya… yang nggak enak udah gitu mahal pula,” pria berkacamata itu menjawab sambil tertawa. Darto pun menambahkan jika ia sebenarnya suka dengan pecel ayam. Bahkan bisa dibilang dirinya adalah salah satu pecinta ayam goreng.



Saking sukanya dengan ayam goreng, dulu ketika masih bujang Darto pernah bereksperimen memasak ayam goreng sendiri. Bahkan ia sendirilah yang belanja ke supermarket, lalu mencoba meracik bumbunya, hingga memasaknya. Di pengalaman pertamanya memasak itu ia mencoba membuat ayam goreng tepung. Begitu sudah nikah, ia langsung stop dan tidak melanjutkan kebiasaannya bereksperimen membuat ayam goreng sendiri. Itu dikarenakan ia telah memiliki istri yang sangat piawai masak.


Membahas makanan khas Indonesia, pria kelahiran Jakarta, 12 November 1982 itu mengaku suka berbagai pilihan yang ada. Ia merasa bingung jika dipaksa mengatakan jenis masakan Indonesia mana yang paling disuka. Menurutnya semua masakan di Indonesia ini, dari Aceh hingga Papua memiliki masakan khas dan masing-masing punya citarasa dan daya tarik berbeda-beda. Namun, karena pada dasarnya ia memang pecinta ayam goreng, maka secara spesifik ia tetap paling menyukai sajian khas Indonesia yang ada ayam gorengnya, seperti Ayam Tangkep Aceh dan Ayam Goreng Pasundan.

© 2019 yukmakan channel