© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Jangan Pilih 3 Jenis Makanan Ini Saat Sarapan

Memilih menu sarapan ternyata saat berpengaruh pada fungsi dari sarapan itu sendiri. Begitu juga dengan waktunya yang tidak boleh terlalu siang ataupun kepagian. Dan ternyata, ada beberapa menu yang sebaiknya dihindari saat kita sarapan. Salah pilih, maka bukannya tenaga atau energi yang didapat tetapi ngantuk ataupun malah lemas. Berikut ini 3 jenis makanan yang perlu dihindari saat sarapan.



1. Makanan yang tinggi gula

Cukup banyak makanan yang mengandung banyak gula, misalnya nasi putih, donat, biskuit, dan juga minuman manis. Aneka makanan manis itu cepat diserap tubuh, sehingga tidak akan memberikan energi dalam jangka waktu yang cukup lama dan malahan akan membuat mengantuk.


2. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Tubuh kita ini sebenarnya membutuhkan lemak baik atau lemak tak jenuh yang berasal dari lemak ikan ataupun kacang-kacangnya. Saat sarapan, jangan sampai salah memilih jenis makanan yang mengandung lemak jenuh ya! Karena jika dikonsumsi berlebihan bisa membahayakan kesehatan. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh seperti pada lemak sapi, ayam, babi, makanan yang banyak menggunakan minyak goreng, dan sebagainya.


3. Makanan yang tinggi kandungan sodium atau natrium

Begitu juga dengan asupan sodium atau natrium yang terlalu tinggi. Makanan tinggi natrium misalnya pada makanan yang diawetkan, penyedap masakan, saus, kecap, sosis, dan sebagainya. Jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu naiknya tekanan darah dan berbagai penyakit lainnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa-apa saja yang perlu dihindari. Mulai saat ini, yuk lebih selektif lagi dalam menentukan menu untuk sarapan kita!