• Novi Amaliyah

Jenis-Jenis Cokelat Untuk Membuat Cokelat



Dekorasi cake selalu populer dari masa ke masa. Masing-masing orang memiliki favoritnya tersendiri untuk menghias cake. Mulai dari buttercream, whipped cream, ganache siram, hingga fondant dan chocolate modeling.  Setelah Korean Butter Cream yang sempat naik daun beberapa tahun lalu, mendekor cake dengan chocolate modeling bisa dijadikan pilihan baru stay bahkan tren baru. Penasaran bagaimana untuk membuat cokelat modeling berikut jenis-jenis cokelat yang bisa digunakan untuk membuatnya dan tips praktis memberi warna agar lebih menarik. Selamat mencoba.


Jenis Cokelat :

Untuk membuat chocolate modeling, bisa menggunakan 3 jenis cokelat yakni white chocolate compound, milk chocolate compound  dan dark  chocolate compound. Pastikan membaca betul kandungan lemak dan cokelat pada kemasan karena setiap jenis cokelat biasanya memiliki ukuran kandungan lemak dan cokelat yang berbeda beda. Perbedaan tersebut akan berpengaruh pada penambahan ukuran corn syrup atau glucose.

Dikutip dari www.wickedgoodies.net, berikut takaran cokelat dan glucose untuk mendapatkan hasil cokelat modelling yang baik :

White Chocolate : 340 gram cokelat dan 116 gram glucose.

Milk Chocolate   : 340 gram cokelat dan 139 gram glucose.

Dark Chocolate   : 340 gram cokelat dan 174 gram glucose.


Pewarnaan Chocolate  Modelling :

Siapkan sarung tangan plastik ketika ingin memberikan warna pada cokelat yang akan dibentuk. Gunakan pasta warna makanan yang non atau pun oil base. Untuk menjaga kelembaban cokelat ketika diuleni pada saat pemberian warna, maka beri sedikit tepung maizena. Beri warna pada cokelat sesuai dengan yang diinginkan namun apabila pewarnaan cokelat hasilnya terlalu gelap, tambahkan cokelat putih ke dalamnya. Sebaiknya pewarnaan dilakukan satu jam sebelumnya, sebelum melakukan pembentukan cokelat modeling. Salah satu cara paling sederhana untuk pewarnaan chocolate modeling adalah dengan mencampurkan bahan pewarna bersama corn syrup / glucose sebelum bahan tersebut dicampurkan ke dalam cokelat yang sudah meleleh / cair.

© 2019 yukmakan channel